Januari-Oktober, Hyundai Motor Group Ekspor 98.505 Mobil Listrik
Hyundai Kona Listrik 2020 - dok.Carsguide

Januari-Oktober, Hyundai Motor Group Ekspor 98.505 Mobil Listrik

Seoul, Motoris – Hyundai Motor Group – yakni Hyundai Motor dan Kia Motors Corporation – menyebut pihaknya bakal mencapai taraget ekspor mobil listrik 100.000 unit pada tahun 2020 ini. Sepanjang Januari hingga Oktober lalu, klaim Hyundai Motor, jumlah mobil listrik yang diekspor telah mencapai 98.505 unit.

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, Jumat (27/11/2020), Hyundai menyebut jumlah ekspor itu menanjak hingga 71% dibanding ekspor selama kurun waktu yang sama tahun 2019. Saat itu, total ekspor mobil bertenaga dari arus setrum baru sebanyak 57.517 unit.

Kini, jumlah 100.000 unit mobil listrik untuk pasar ekspor akan digenjot seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen di negara-negara pasar utama. “Adanya peraturan tentang emisi (gas buang kendaraan) yang lebih ketat di Eropa mendorong permintaan untuk semua model listrik dan kendaraan beremisi rendah,” ungkap Juru Bicara Hyundai.

Menurut dia, dari total mobil listrik yang diekspor sepanjang sepuluh bulan pertama tahun ini, 42% atau sebanyak 41.384 merupakan Hyundai Kona listrik. Angka tersebut merupakan yang terbesar dari total ekspor.

Mobil listrik Hyundai Ioniq – dok.Istimewa

Sementara di periode Juli hingga September atau kuartal ketiga Hyundai dan Kia menempati urutan kelima di pasar mobil listrik dunia dengan pangsa pasar 7%. Posisinya berada di bawah Tesla Motors Inc., Volkswagen AG, Renault SA, Nissan Motor, dan SAIC Motor Corporation.

Hyundai Motor Group menargetkan penjualan mobil listrik 1 juta unit pada tahun 2025 nanti. Angka itu setara dengan 10% dari total penjualan mobil listrik dunia pada saat itu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This