Suzuki Carry Ungguli Gran Max di Pasar Ritel Pikap Januari-Oktober

Suzuki Carry Ungguli Gran Max di Pasar Ritel Pikap Januari-Oktober
Pikap Suzuki New Carry - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini dua merek asal Jepang – yakni Suzuki dan Daihatsu – masih tercatat sebagai penguasa pasar kendaraan komersial jenis low pickup (pikap). Namun, jika dibandingkan, Suzuki masih jauh lebih unggul dalam penjualan dibanding Daihatsu.

Data internal dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang dirilis di Jakarta, Senin (30/11/2020) menunjukkan, sepanjang sepuluh bulan pertama itu pikap Suzuki New Carry membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 31.175 unit. “Dan berkontribusi hingga 60,4% untuk segmen kendaraan niaga ringan (jenis pikap). Pencapaian ini semakin membuktikan bahwa New Carry Pick Up adalah Rajanya Pick Up di Indonesia” kata 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, dalam keterangan resmi tersebut.

Faktanya, penjualan ritel pikap Daihatsu Gran Max yang dijajakan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) di kurun waktu yang sama memang tertinggal jauh oleh Suzuki New Carry. Data yang dirilis PT ADM, Rabu (11/11/2020) lalu menunjukkan di periode tersebut penjualan ritel pikap Daihatsu itu sebanyak 19.058 unit atau setara dengan 23,3% total penjualan ritel Daihatsu yang sebanyak 81.623 unit.

Pikap Daihatsu Gran Max – dok.Istimewa

Donny mengklaim tren penguasaan pangsa pasar pikap oleh Suzuki Carry juga terus naik. Sebab, di tahun 2019 lalu, pangsa pasar yang berhasil digenggamnya masih sebesar 57%.

Meski, fakta juga berbicara, di sepanjang Januari hingga September tahun ini total penjualan ritel pikap dari seluruh merek yang ada di Tanah Air masih ambrol. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia memperlihatkan, selama sembilan bulan pertama tahun ini, total penjualan ritel pikap sebanyak 62.593 unit.

Sedangkan pada rentang waktu yang sama di tahun 2019 lalu, total penjualan ritel yang berhasil dicatatkan mencapai 97.021 unit. Artinya, kumulatif penjualan ritel tahun ini masih ambrol 35%.

Ilustrasi, Kia Big Up yang dijajakan oleh PT Kreta Indo Artha, yakni perusahaan di bawah payung Indomobil Group – dok.Motoris

Total penjualan ritel Januari – September tahun ini berasal dari penjualan selama Januari yang sebanyak 11.492 unit, Februari 10.580 unit, Maret 7.768 unit, April 3.131 unit, dan dari penjualan ritel selama Mei yang sebanyak 2.196 unit.

Selain itu dari penjualan selama Juni yang sebanyak 5.091 unit, Juli 7.021 unit, Agustus 6.829 unit, serta dari penjualan ritel sepanjang September yang sebanyak 8.485 unit.

Pikap DFSK Super Cab – dok.Motoris

Saat ini – selain Suzuki dengan Suzuki Carry dan Daihatsu dengan Gran Max – merek yang bermain di pasar pikap Indonesia adalah Tata Motors, Kia Motors dengan pikap Kia Big Up, serta Dongfeng Sokon (DFSK) dengan pikap DFSK Super Cab. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This