Tak Hanya di RI, Penjualan Global Daihatsu hingga Oktober Juga Ambles

Tak Hanya di RI, Penjualan Global Daihatsu hingga Oktober Juga Ambles
Ilustrasi, Daihatsu Sirion versi facelift - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Penjualan mobil merek Daihatsu secara global – baik di Jepang maupun di luar Jepang – sepanjang Januari hingga Oktober kemarin tercatat masih ambles 19,2%. Total jumlah mobil yang berhasil dilego sepanjang periode itu 571.612 unit.

Data yang dirilis di laman resmi Grup Toyota (karena Daihatsu sebagai bagian dari Grup itu), Senin (30/11/2020) menunjukkan, di Jepang mobil Daihatsu yang terjual di sepuluh bulan pertama itu sebanyak 50.361 unit (termasuk mobil kecil dengan mesin 600cc – 800cc), atau merosot 16,2%. Sedangkan di luar Jepang 64.726 unit, atau ambles hingga 32,9%.

Paralel dengan amblesnya penjualan, jumlah mobil yang diproduksi juga ambrol. Besaran ambrolnya jumlah produksi itu mencapai 21,7% dibanding kurun waktu yang sama tahun lalu, menjadi 965.036 unit.

Ilustrasi, Daihatsu Mira Tocot – dok.jp.autoblog.com

Rinciannya, di Jepang produksi sebanyak 755.785 unit, ambles 4,2% dibanding tahun lalu. Sedangkan di luar Negeri Matahari Terbit itu, mobil yang diproduksi sebanyak 209.251 unit atau ambrol 52,7% dibanding tahun 2019.

Kinerja penjualan yang ambles juga dibukukan oleh Daihatsu Indonesia yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, pada periode Januari – Oktober tahun ini total penjualan ke konsumen (ritel) yang dibukukan Daihatsu sebanyak 81.623 unit.

Jumlah itu berkurang atau merosot 61.594 unit dibanding jumlah penjualan yang berhasil dicatatkan selama sepuluh bulan pertama tahun lalu, yang sebanyak 143.217 unit. Meski dilihat dari market share yang dikuasai Daihatsu, tahun ini naik menjadi 18%, dari tahun lalu yang sebesar 16,9%.

Daihatsu Xenia model terbaru – dok.Istimewa

“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif,” kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi yang diriis di Jakarta, 11 November lalu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This