Produksi Global Mitsubishi hingga Oktober Masih Ambles 39,8%

Produksi Global Mitsubishi hingga Oktober Masih Ambles 39,8%
Mitsubishi Eclipse Cross di pasar Eropa - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Produksi mobil Mitsubishi baik di dalam negeri Jepang maupun di uar negara itu sepanjang Januari hingga Oktober lalu tercatat masih ambles hingga 39,8% menyusul dampak wabah virus corona (Covid-19) yang menerpa berbagai penjuru dunia. Sehingga, total produksi global di rentang waktu itu hanya 688.093 unit.

Laporan kinerja pabrikan yang dilansir laman Automotive World, Jumat (27/11/2020) lalu menunjukkan, sepanjang sepuluh bulan pertama tahun ini, produksi di Jepang hanya sebanyak 327.607 unit. Jumlah ini merosot 26,2% dibanding angka produksi yang dibukukan pada periode sama tahun lalu.

Sedangkan di luar Jepang, selama kurun waktu yang sama, jumlah mobil yang diproduksi sebanyak 360.486 unit. Jumlah itu ambrol hingga 42,8% dibanding angka produksi yang dikoleksi di periode sama tahun 2019.

Sementara itu, di Indonesia, data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil Mitsubishi ke konsumen (ritel) yang dipasarkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sepanjang Januari – Oktober tahun ini tercatat sebanyak 42.640 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Cross di pasar Filipina – dok.Autoindustriya.com

Dengan penguasaan pangsa pasar 9,4%, Mitsubishi bertngger di urutan kelima setelah Toyota, Daihatsu, Honda, dan Suzuki.

Adapun penjualan atau distribusi mobil ke diler (wholesales) yang dibukukan Mitsubishi di periode tersebut sebanyak 44.249 unit dengan pangsa pasar 10,5%. Dia juga berada di posisi kelima setelah Toyota, Daihatsu, Honda, serta Suzuki. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This