Hingga Oktober, Segini Penjualan Mobil Elektrifikasi Suzuki di RI
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid - dok.Istimewa

Hingga Oktober, Segini Penjualan Mobil Elektrifikasi Suzuki di RI

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil elektrifikasi Suzuki – yakni Suzuki Ertiga, hingga Oktober tahun ini tercatat sebanyak 2.550 unit. Jumlah itu, dibukukan pada tahun 2017 dan 2018, sedangkan sepanjang tahun 2019 dan tahun 2020 hingga Oktober belum ada penjualan yang dilaporkan.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris belum lama ini menunjukkan, penjualan Suzuki Ertiga hybrid ke diler sepanjang tahun 2017 sebanyak 1.910 unit. Sedangkan di tahun 2018 sebanyak 640 unit.

Total penjualan yang dicatatkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) – selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia – itu merupakan penjualan Suzuki Ertiga diesel hybrid yang mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem ini, kata 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra, terdiri dari tiga komponen utama, yakni mesin diesel, aki berkapasitas besar (70 Ah), dan teknologi Integrated Starter Generator (ISG).

“Kami mencoba memanfaatkan apa yang sudah ada, kami mengolah kembali tenaga yang terbuang menjadi terpakai,” kata dia di sela test drive Suzuki Ertiga hybrid di Rancamaya, Bogor, Rabu (8/2/2017) lalu.

Ilustrasi, All New Ertiga Mild Hybrid yang dipmaerkan PT SIS di hajatan Pameran Mobil Listrik Indonesia Tahun 2019 lalu – dok.PT SIS

Kemudian, pada 31 Agustus 2019 lalu, PT SIS memamerkan All New Ertiga berteknologi Smart Hybrid di pameran kendaraan listrik. Model yang mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle Suzuki (SHVS) itu telah dipasarkan di India.

Sistem hybrid bernama SHVS itu, diklaim PT SIS, menyimpan listrik untuk membantu kerja aki ke generator Suzuki Integrated starter generator (ISG). Generator inilah yang berfungsi membantu kerja mesin mulai dari menjalankan fitur idle start stop hingga menambah torsi dengan fitur torque accelerator

Sementara, baterai akan terisi melalui pengereman kendaraan. Selain itu baterai juga membantu kerja aki dengan menjadi sumber listrik untuk audio maupun perangkat elektronik lainnya.

Informasi soal keberadaan mobil elektrifikasi Suzuki di Tanah Air kembali menarik perhatan setelah Director PT SIS, Hideaki Tokuda, saat konferensi pers virtual dalam rangka ulang tahun Suzuki Indonesia yang ke-50 yang digelar di Jakarta, Senin (7/12/2020) menyinggung sola itu. Dia mengatakan, Suzuki Ertiga nantinya bukan lagi model yang hanya murni berbahan bakar solar atau bahan bakar lainnya.

All New Ertiga yang berteknologi Smart Hybrid Vehicle saat dipmaerkan di hajatan Pameran Mobil Listrik 2019 lalu- dok.PT SIS

Namun, kata dia, Suzuki Ertiga model baru akan memiliki konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit. “Suzuki Ertiga baru nanti tidak akan ada solar lagi, kami berpikir untuk benefit konsumen bukan solar atau apa, yang penting lebih irit. Mungkin bisa masuk hybrid atau electric, Kami sedang mempelajari semuanya,” ucap dia.
(Die/Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This