Tesla Dongkrak Penjualan Mobil Elektrifikasi di Cina Jadi 1,8 Juta Unit

Tesla Dongkrak Penjualan Mobil Elektrifikasi di Cina Jadi 1,8 Juta Unit
Ilustrasi, Tesla Model 5 di Cina - dok.The Detroit Bureau

Beijing, Motoris – Penjualan mobil ekektrifikasi – yang terdiri dari mobil listrik baterai (BEV), Plug-in Hybrid (PHEV), dan sel hidrogen- di Republik Rakyat Cina (Cina) pada tahun 2021 nanti diprediksi melompat hingga 40% menjadi 1,8 juta unit. Kehadiran mobil listrik Tesla yang dibuat di lokal negeri itu, plus pemangkasan harga disebut menjadi salah satu pendongkraknya.

Pernyataan Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) yang dilansir Nikkei Asian Review, Jumat (11/12/2020) menyebut pada tahun itu total penjualan mobil di Negeri Panda itu bakal mencapai 26,3 juta unit atau naik 4% dibanding tahun ini. “Permintaan mobil pada saat itu meningkat karena otoritas di Cina meningkatkan investasi ke infrastruktur untuk menghidupkan kembali sistem ekonomi yang sebelumnya terdampak wabah virus corona,” bunyi pernyataan itu.

Namun, tak hanya mobil listrik saja yang permintaannya menanjak, tetapi juga mobil mewah. Asosiasi itu memperkirakan total penjualan mobil penumpang sebanyak 21,7 juta unit atau naik 8% dari penjualan saat ini. Sedangkan kendaraan komersial sebanyak 4,6 juta unit.

Mobil listrik Tesla Model 3 yang diproduksi di Cina – dok.Voice of America

CAAM juga memprediksi, penjualan mobil secara grosir atau ke diler pada tahun 2025 nanti bisa mencapai 25 juta unit. Sedangkan di tahun 2020 ini, total penjualan diperkirakan sebanyak 25,3 juta unit atau turun 2% dibanding tahun 2019.

Penjualan mobil terbanyak di negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini, terjadi pada tahun 2017 yakni sebanyak 28,88 juta unit. Namun, ambles dalam pada tahun 2019, menjadi 25,76 juta unit.

Sementara di bulan November tahun ini, total penjualan naik 12,6% menjadi 2,77 juta item. Dari jumlah itu, 2,29 juta unit mobil penumpang. Penjualan mobil jenis ini naik 11,6%.

Ilustrasi, pengecasan baterai mobil listrik di Cina – dok.Caixingglobal.com

Sedangkan kendaraan komersial di bulan kesebelas itu naik 18% menjadi 470.000 unit. Adapun penjualan mobil elektrifikasi atau mobil bernenergi terbarukan di bulan tersebut mencapai 200.000 unit, sehingga diproyeksikan sampai akhir tahun ini naik 8% menjadi 1,3 juta unit.

Seperti diketahui, Tesla telah membangun pabrik besar atau gigafactory di Shanghai, Cina. Kehadiran pabrik yang didirikan bersama mitra lokal itu selain untuk menekan harga, juga demi memperluas pasar Tesla di negeri yang merupakan pasar mobil terbesar di dunia tersebut. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This