Ekspor Mobil Cina hingga November Susut 15,8%

Ekspor Mobil Cina hingga November Susut 15,8%
Salah satu varian di jajaran sedan Hongqi H5 yang diekspor ke sejumlah negara di Eropa - dok.Chinapev.com

Beijing, Motoris – Produsen mobil di Republik Rakyat Cina (Cina) sepanjang bulan November lalu mengekspor produknya ke berbagai belahan dunia sebanyak 128.000 unit. Jumlah itu diklaim naik 17,4% dibanding bulan yang sama tahun 2019.

“Jumlah ekspor ini lebih banyak dibanding jumlah impor. Sebanyak 107.000 unit mobil yang diimpor (oleh Cina). Jumlah ini turun 12,3% dibanding (impor pada bulan yang sama) tahun lalu,” ujar Juru Bicara Kementerian Perdagangan, Gao Feng, seperti dikutip Xinhuanet, Kamis (17/12/2020).

Secara kumulatif dari Januari hingga November, total ekspor mobil Cina disebut mencapai 955.000 unit. Total ekspor sebanyak itu menyusut 15,8% dibanding ekspor selama yang terjadi selama kurun waktu yang sama tahun lalu.

Mobil listrik Tesla Model 3 yang diproduksi di Cina yang kini telah diekspor ke Eropa- dok.Voice of America

Sedangkan mobil yang diimpor oleh Negeri Tirai Bambu itu, dalam sebelas bulan pertama tahun ini sebanyak 821.000 unit. Jumlah ini menciut 15% dibanding impor di periode yang sama tahun 2019.

Menurut China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) pasar mobil di Cina mulai membaik sejak April lalu berkat naiknya permintaan yang didukung oleh kebijakan pemerintah yang memberi stimulant bagi konsumen. Kini, penjualan naik 4,4% dibanding tahun lalu. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This