Dua Tahun Berturut, Penjualan Ritel Daihatsu di Januari-November Ambrol

Dua Tahun Berturut, Penjualan Ritel Daihatsu di Januari-November Ambrol
Daihatsu Sigra versi terbaru - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga November tahun ini, mobil merek Daihatsu yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membukukn penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 90.823 unit. Pencapaian penjualan ritel tersebut masih ambrol 43% dibanding penjualan ritel selama periode sama di tahun lalu, yang sebanyak 159.431unit.

Ambrolnya penjualan ritel sebesar itu disebut masih lebih baik ketimbang besaran penurunan penjualan ritel total seluruh merek yang ada di Indonesia. Alasannya, secara kumulatif penjualan ritel pasar otomotif nasional di periode itu 509 ribu unit turun sekitar 46% dibanding periode sama tahun 2019 lalu, yang sebanyak 942 ribu unit.

“Sehingga persentase penurunan Daihatsu masih lebih baik dibandingkan pasar, yang berarti pangsa pasar (market share) Daihatsu mengalami kenaikan menjadi sebesar 17,8%, atau naik 0,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 16,9% dan bertahan di posisi nomor dua pada penjualan otomotif nasional hingga November 2020,” papar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Pikap Daihatsu Gran Max – dok.Istimewa

Padahal, fakta memperlihatkan ambrolnya penjualan ritel di Januari-November tahun ini bukanlah kali pertama dialami oleh agen pemegang merek di bawah grup Astra itu. Tahun 2019 penjualan ritel di masa itu sudah rontok.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan Daihatsu di Januari – November 2019 yang sebanyak 159.431 unit terperosok cukup dalam dibanding tahun 2018. Sebab di 11 bulan pertama 2018 masih sebanyak 178.566 unit.

Daihatsu Sigra menjadi model terlaris di tahun itu, dengan penjualan 43.967 unit. Jumlah ini setara dengan 25% dari total penjualan ritel Daihatsu di rentang waktu tersebut.

LCGC Astra Daihatsu Ayla – dok.Istimewa



Penjualan November masih ambrol

Tak hanya penjualan kumultif saja yang ambrol, tetapi juga bulanan dari tahun ke tahun. Jika di November tahun ini penjualan ritel sebanyak 9.200 unit – dan disebut naik 13,1% dibanding penjualan selama Oktober yang sebanyak 8.135 unit – teryata juga anjlok dibanding tahun lalu.

Selama November 2019, total penjualan ritel yang dikoleksi Daihatsu masih mencapai 16.214 unit. Jumlah itu naik 4,1% dibanding penjualan selama Oktober di tahun yang sama, yang sebanyak 15.578 unit.

Daihatsu Sigra berjaya di urutan pertama penjualan, dengan 4.144 unit atau 25,6% dari total penjualan. Kemudian Gran Max (PU) sebanyak 3.762 unit (23,2%), dan Terios 2.524 unit (15,6%), selanjutnya gabungan Ayla, Xenia, dan GranMax (MB) yang terjual di kisaran 1.300 – 2.100-an unit (8% – 13%).

Daihatsu All New Terios – dok.PT ADM

Sedangkan di November tahun ini – seperti data yang dirilis PT ADM, Senin (14/12/2020) – penjualan terbanyak disumbang oleh tiga model. Mereka adalah Daihatsu Sigra dengan 2.321 unit, Terios 1.298 unit, dan Gran Max MB 1.006 unit. Artinya, model-model andalan pun penjualannya masih susut. (Die/Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This