Penjualan Motor BMW di Dunia, Januari-November Menciut 9,6%

Penjualan Motor BMW di Dunia, Januari-November Menciut 9,6%
BMW S1000XR model 2020 - dok.Istimewa via Bikesales

Berlin, Motoris – Penjualan global sepeda motor buatan BMW Motorrad – divisi kendaraan roda dua milik Bayerische Motoren Werke (BMW) – sepanjang Januari hingga November tahun ini hanya membukukan total penjualan (dari penjualan di berbagai negara di dunia) sebanyak 150.839 unit. Jumlah ini ambles 9,6% dibanding penjualan global di periode sama tahun 2019.

Laman Motorcycle Data yang mengompilasi data dari berbagai sumber-sumber resmi di diler berbagai negara maupun dari Verband der Automobilindustrie (VDA) atau Asosiasi Industri Otomotif Jerman, belum lama ini melaporkan, besaran penurunan 11 bulan ini lebih kecil dibanding penurunan di kuartalan.

“Sepanjang kuartal pertama penurunan yang dialami (BMW Motorrad) sebesar 17,8%. Dan kuartal kedua (penurunan) mencapai 23,2%,” tulis laman tersebut.

BMW G310GS akan mendapatkan pembaruan standar emisi – dok.Istimewa

Performa penjualan yang buruk sepanjang sebelas bulan pertama itu terjadi di hampir semua wilayah pemasaran motor asal Jerman itu. Di Amerika Utara (meliputi Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko) anjlok hingga 27,7%.

Kemudian di India, penjualan ambles hingga 19,7%. Di Amerika Latin dan Eropa, penyusutan penjualan mencapai 7,9% dan 5,3%. Sedangkan di wilayah lain bervariasi antara 5% hingga 10%.

BMW R Nine T model 2020 – dok.BMW

Dengan pencapaian penjualan sampai bulan November itu, total penjualan BMW Motorrad hingga akhir tahun ini diprediksi hanya sebanyak 160.000 unit. Jumlah itu menyusut 9,1% dibanding penjualan selama tahun 2019. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This