Ini Lima Merek Penguasa Pasar Mobil AS Sepanjang Januari-November

Ini Lima Merek Penguasa Pasar Mobil AS Sepanjang Januari-November
Ilustrasi, Ford Ranger versi terbaru - dok.Istimewa

California, Motoris – Penjualan mobil di Amerika Serikat (AS) sepanjang Januari hingga November tahun ini berkurang 1.158.485 unit dibanding periode sama tahun lalu. Wabah virus corona yang menerpa dunia dan berdampak terhadap perekonomian nasional disebut sebagai penyebabnya.

Data yang dihimpun National Automobile Dealers Association (NADA) dan hasil riset sejumlah lembaga – antara lain Cox Automotive – yang dilansir laman Goodcarbadcar, belum lama ini, menunjukkan selama 11 bulan pertama tahun ini total penjualan mobil di Negeri Paman Sam itu sebanyak 6.881.504 unit. Sedangkan di rentang waktu yang sama tahun 2019, penjualan masih sebanyak 8.039.989 unit.

Menariknya, dalam daftar lima besar penjualan, tiga merek berasal dari Jepang dan satu merek dari Korea Selatan. Kelima merek terbanyak dalam penjualan itu – diurutkan berdasar jumlah penjualan – adalah Ford, Toyota, Honda, Hyundai, dan Subaru.

Ford yang dipasarkan oleh Ford Motor Company di Januari – November tahun ini menjual sebanyak 1.733.815 unit. Jumlah ini menyusut 17,37% dibanding penjualan yang dibukukan sepanjang kurun waktu yang sama tahun lalu, yang sebanyak 2.098.265 unit.

Toyota Yaris sedan di Amerika Serikat – dok.Drivemag

Toyota (tidak termasuk merek Lexus) yang bercokol di urutan kedua, tahun ini menjual sebanyak 1.626.520 unit. Penjualan sebanyak itu menyusut 14,01% dibanding tahun 2019 yang mencapai 1.913.159 unit.

Berada di posisi ketiga, Honda mencatatkan penjualan sebanyak 1.078.986 unit. Angka penjualan Honda sebanyak itu, merosot 18,91% dari Januari – November tahun lalu yang sebanyak 1.330.525 unit.

Sementara Hyundai yang berdiam di tempat keempat mengoleksi angka penjualan 553.647 unit. Angka ini lebih kecil 11,28% dibanding jumlah yang dibukukan selama 11 bulan pertama tahun lalu, yang masih sebanyak 624.051 unit.

Pabrikan asal Korea Selatan ini, di tahun 2019 berada di urutan kelima. Artinya, tahun ini dia berhasil menggeser Subaru, yang tahun ini berada di posisi kelima.

Ilustrasi, kegiatan di pabrik Honda di Amerika Serikat – dok.Reuters

Jumlah penjualan yang dibukukan Subaru tercatat sebanyak 548.380 unit. Sedangkan di tahun lalu, masih sebanyak 637,753 unit. Artinya, penjualan pabrikan asal Jepang tersebut, tahun ini merosot 14,01%. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This