Naik 80%, Renault Rajai Penjualan Mobil Listrik di Eropa

Naik 80%, Renault Rajai Penjualan Mobil Listrik di Eropa
Mobil listrik Renault Zoe versi terbaru - dok.Istimewa via VistaBuzz

Paris, Motoris – Produsen mobil asal Boulogne-Billancourt, Prancis – Renault SA – tahun ini tercatat sebagai pabrikan penguasa pasar mobil listrik (listrik murnia atau listrik baterai) di pasar Eropa. Dengan menggelontorkan sejumlah model pasar, pabrikan ini berhasil melego 95.985 mobil listrik sepanjang Januari –November di wilayah tersebut.

Pernyataan Renault yang dilansir laman resmi Groupe Renault, belum lama ini menyebut jumlah penjualan selama 11 bulan pertama itu melonjak hingga 80% dibanding penjualan tahun lalu. “(Renault) Zoe generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu menjadi mobil listrik nomor satu di daftar mobil listrik yang paling banyak terjual di Eropa,” bunyi pernyataan itu.

Data menunjukkan, mobil ini terjual sebanyak 84.000 unit di rentang Januari hingga November lalu. Jumlah tersebut diklaim hampir dua kali lipat dibanding penjualan di periode sama tahun 2019.

Van listrik Renault Kanggo versi terbaru – dok.Istimewa via InsideEVs

“Zoe menjadi mobil listrik terpopuler di Prancis, Jerman, Italia, Spanyol atau Portugal. Lebih dari 268.000 unit telah terjual (secara kumulatif) di Eropa sejak pertama kali diluncurkan,” klaim pabrikan yang berdiri sejak tahun 1899 itu.

Terlaris kedua adalah mobil listrik Kangoo ZE, dengan penjualan sebanyak 8.498 unit. Kemudian disusul Renault Twingo yang laku 1.760 unit. Selain itu Renault juga memiliki model Twizy dan Master ZE.

Sementara, seperti dilaporkan The Guardian, beberapa waktu lalu, data yang dihimpun Schmidt Automotive Research menunjukkan selama Januari hingga November tahun ini, sudah 1 juta unit lebih mobil elektrifikasi – mulai dari hybrid, plugi-n hybrid, hingga mobil listrik baterai – yang terjual di wilatah Eropa (Inggris dan 17 negara lainnya).

Mobil listrik Renault Twingo terbaru – dok.YouTube

Namun, dari jumlah itu, mobil listrik murni atau mobil listrik baterai yang terjual baru sebanyak 500.000 unit.”Jumlah ini menjadi tonggak sejarah yang menandai peralihan dari mobil berbahan bakar fosil ke kendaraan elektrifikasi,” sebut lembaga riset itu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This