Pasar Cina Selamatkan VW, Mercedes, dan BMW dari Keterpurukan

Pasar Cina Selamatkan VW, Mercedes, dan BMW dari Keterpurukan
Ilustrasi, BMW i8 saat dipmaerkan di hajatan China International Import Expo (CIIE) di Shanghai 7 November lalu - dok.Xinhua

Berlin, Motoris – Penjualan mobil tiga merek asal Jerman yakni Volkswagen (VW), Mercedes-Benz, dan BMW di Republik Rakyat Cina (Cina) sepanjang kuartal ketiga masih mencatatkan pertumbuhan. Dengan demikian, kinerja mereka terselamatkan dari keterpurukan karena di saat yang sama penjualannya merosot di Eropa dan Amerika.

Seperti dilaporkan lembaga riset internasional Ernst & Young (EY), pada kuartal ketiga (Juli – September) itu pangsa pasar tiga merek tersebut di Negeri Tirai Bambu naik dari 35,7% menjadi 39,2%.

“Sepanjang kuartal kedua (April – Juni) 51% dari total mobil baru dari ketiga merek tersebut dijual di pasar Cina,” bunyi keterangan EY yang dilansir kantor berita Xinhua, Kamis (24/12/2020).

Pada saat yang sama, pasar negara itu yang telah mengalami pemulihan dari dampak Covid-19 sejak Maret lalu, masih terus melaju. Walhasil, penjualan VW, Mercedes, dan BMW itu naik 9% di kuartal ketiga.

Ilustrasi, emblem Mercedes-Benz – dok.Istimewa via Jooinn

Sementara, di truwulan ketiga itu pula, penjualan mereka di wilayah Eropa ambles 4%. Bahkan di wilayah Amerika ambrol 14%.

“Pasar Cina sekali lagi terbukti menjadi pilar terpenting bagi industri otomotif global, khususnya bagi pabrikan asal Jerman tersebut,” jelas laporan riset EY yang dirilis, Rabu (23/12/2020) itu. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This