Ini Dia, Lima Negara dengan Penjualan Mobil Terbanyak di Dunia

Ini Dia, Lima Negara dengan Penjualan Mobil Terbanyak di Dunia
Ilustrasi, proses produksi mobil Honda di Cina - dok.Nikkei Asian Review

Berlin, Motoris – Sepanjang Januari – November tahun ini, penjualan mobil di dunia masih berada di teritori negatif, dimana penjualan yang dicapai masih melorot dibanding periode sama tahun 2019. Meski, di sejumlah negara, penjualan di bulan November mengalami peningkatan.

Data dari Verband der Automobilindustrie (VDA) atau Asosiasi Industri Otomotif Jerman yang dilansir laan Best Selling Cars dan The Business, Senin (21/12/2020) lalu menunjukkan, ada lima negara negara yang membukukan penjualan mobil dalam jumlah terbanyak di dunia. Mereka adalah, Cina, Amerika Serikat, Jepang, India, dan Brasilia.

Cina di sebelas bulan pertama itu membukukan penjualan sebanyak 17.452.000 unit. Jumlah penjualan di Negeri Tirai Bambu ini tercatat masih merosot hingga 7,7% dibanding jumlah yang dicapai selama kurun waktu yang sama tahun lalu.

Ilustrasi, produksi mobil di Amerika Serikat – dok.Reuters

Kemudian Amerika Serikat di rentang waktu yang sama mencatatkan penjualan sebanyak 12.842.100 unit. Seperti halnya di Cina, penjualan di Negeri Paman Sam ini juga ambles dibanding tahun lalu, dengan besaran penurunan 16,8%.

Sementara Jepang, di periode tersebut menjual sebanyak 3.494.800 unit. Jumlah itu juga ambles dibanding tahun 2019, hingga 13,0%.

Sedangkan di India, penjualan mobil yang dicatatkan selama Januari hingga November tahun ini mencapai 21.111.900 unit, atau merosot hingga 21,8% dibanding tahun lalu. Adapun di Brasilia penjualan yang dibukukan sebanyak 1.721.800 unit atau anjlok 28,7% dari tahun 2019.

Ilustrasi, proses produksi mobil Nissan di pabrik milik Nissan Motor di Jepang – dok.Reuters

Jika dilihat dalam kategori jumlah, Eropa menempati urutan kedua. Hanya, dalam konteks penyajian data ini untuk kategori berdasar negara, sehingga Eropa – yang terdiri dari Uni Eropa, Inggris, dan negara di kawasan wilayah bebas perdagangan (FTA) – masuk di luar lima negara itu.

Sekadar catatan, di sebelas bulan pertama tahun ini Eropa membukukan penjualan sebanyak 10.746.300 unit. Jumlah itu merosot 26,1% dibanding penjualan yang dicatatkan selama kurun waktu yang sama tahun 2019. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This