Penjualan Mobil Listrik BYD Selama November Naik 128% di Cina

Penjualan Mobil Listrik BYD Selama November Naik 128% di Cina
Mobil listrik BYD Qin - dok.China Car News

Beijing, Motoris – Pabrikan otomotif asal Shenzen, Guangding, Cina – Build Your Dream atau BYD Auto Company Ltd – sepanjang November kemarin membukukan penjualan mobil elektifikasi (yang terdiri dari mobil listrik baterai atau BEV, dan Plug-in Electric Hybrid atau PHEV) sebanyak 25.553 unit. Penjualan ini naik 139% dibanding penjualan di bulan yang sama tahun 2019 lalu.

Seperti dilaporkan laman InsideEVs, data yang dihimpun Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) menunjukkan dari total penjualan mobil elektrifiksi BYD di bulan November tahun ini, penjualan mobil listrik murni atau BEV sebanyak 18.220 unit. Jumlah ini naik 128% dibanding penjualan selama November tahun lalu.

Sementara penjualan mobil jenis PHEV tahun ini tercatat sebanyak 7.333 unit. Jumlah ini naik 174% dibanding jumlah yang dibukukan pada bulan November 2019.

BYD Han – dok.InsideEVs

“Dengan tambahan penjualan November tersebut, maka secara kumulatif penjualan mobil elektrifikasi BYD ( terdiri dari BYD dan PHEV) sepanjang Januari – November telah mencapai 151.000 unit atau turun 31% dibanding Januari – November tahun lalu,” bunyi keterangan CAAM.

Sampai saat ini BYD telah menawarkan 14 model kendaraan elektrfikasi yang terdiri dari mobil listik BEV dan PHEV. Dari model-model yang ada, mobil listrik (BEV) Qin dan BEV Han merupakan yang terlaris, masing-masing terjual 43.795 unit dan 19.766 unit.

Mobil listrik BYD telah dipasarkan ke berbagai negara di dunia. Termasuk di Indonesia, yakni digunakan sebagai armada taksi PT Blue Bird Group, yakni BYD e6 AT yang diresmikan pada 22 April 2019 lalu.

Ilustrasi, taksi listrik yang dioperasikan oleh Blue Bird – dok.Kompas.com

BYD mengklaim baterai berkapasitas 80 kWh yang dipasang di mobil itu mampu menyokongnya menempuh perjalanan hingga 400 kilometer sekali isi baterai secara penuh. Semburan tenaga dari motor listriknya mencapai 121 hp dengan torsi 450 Nm. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This