Ambles Terus, Honda akan Setop Penjualan Mobil di Rusia Mulai 2022

Ambles Terus, Honda akan Setop Penjualan Mobil di Rusia Mulai 2022
Ilustrasi, mobil Honda di Rusia - dok.TeleTrader

Moskow, Motoris – Anak perusahaan Hond Motor Company (Honda) di Rusia akan menghentikan penjualan mobil pada tahun 2022 nanti sebagai bagian dari restrukturisasi operasi bisnisnya di negara tersebut. Langkah ini menyusul penjualan yang tak moncer dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (30/12/2020) Hobda Rusia menyatakan rencana tersebut pada hari itu juga. Namun, pabrikan asal Jepang ini menegaskan akan tetap mempertahankan kehadirannya di Negeri Beruang Putih itu melalui penjualan sepeda motor dan generator listrik.

“Honda juga tetap mempertahankan aktifitasnya yang terkait dengan layanan purna jual (kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor),” tulis Reuters mengutip pernyataan pabrikan.

Data yang dihimpun departemen otomotif Association of European Businesses (AEB) menunjukkan, sepanjang bulan November kemarin Honda hanya melego mobil sebanyak 79 unit. Pencapaian penjualan ini ambrol 50% dibanding penjualan di November 2019.

Ilustrasi mobil Honda di Rusia – dok.Istimewa via WardsAuto

Sedangkan secara kumulatif sepanjang Januari hingga November total mobil yang berhasil dijualnya hanya 1.383 unit, padahal di bulan itu mobil yang terjual di Rusia mencapai 1,3 juta unit lebih. Dan angka penjualan Honda ini merosot 15% dibanding angka penjualan yang berhasil dikoleksinya pada periode sama 2019.

Portal industri otomotif dan penyedia data industri asal Amerika Serikat, Marklines, Senin (28/12/2020) melaporkan di rentang Januari hingga November 2019, total penjualan mobil yang berhasil dicatatkan Honda 1.629 unit. Merek ini hanya bertengger di posisi ke-39 dari 47 merek yang bertarung di pasar Rusia.

Pangsa pasar yang dicuil Honda hanya 0,1% dari total seluruh penjualan merek yang sebanyak 1.580.297 unit. Meski, penjualan selama sebelas bulan pertama tahun 2019 itu sudah ambrol 64% dibanding penjualan selama periode sama di tahun sebelumnya.

Ilustrasi, sedan Honda City – dok.Autocarindia.com

Sebab, di Januari hingga November 2018 penjualan mobil yang berhasil dicatatkan Honda masih sebanyak 4.526 unit. Jumlah ini hanya setara dengan 0,3% dari total penjualan eluruh merek yang sebanyak 1.625.351 unit.(Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This