Mobil Listrik Hyundai Cs Bikin Pendapatan Ekspor Korea Melonjak 40%

Mobil Listrik Hyundai Cs Bikin Pendapatan Ekspor Korea Melonjak 40%
Ilustrasi, Hyundai Kona listrik model 2020 - dok.Autoblog

Seoul, Motoris – Kementerian Perdagangan Korea Selatan telah merilis kinerja ekspor kendaraan bermotor roda empat atau lebih negeri itu ke sejumlah negara sepanjang tahun 2020 kemarin. Data menunjukkan, pada tahun itu pendapatan ekspor melonjak 40% dibanding tahun 2019.

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, Senin (4/1/2021), total pendapatan ekspor yang berhasil dikantongi Negeri Ginseng sepanjang tahun 2020 mencapai US$ 4,6 miliar. Sedangkan di tahun 2019, total pendapatan yang diraup senilai US$ 3,3 miliar.

Kenaikan dipicu oleh permintaan mobil ramah lingkungan atau mobil berteknologi elektrifikasi yang sepanjang tahun 2020, porsinya mencapai 12%. Permintaan pasar ekspor terhadap mobil ramah lingkungan atau elektrifikasi) buatan pabrikan negeri itu naik.

Mobil listrik Hyundai Ioniq – dok.Istimewa

“Kendaraan ini menyumbang 12% dari total ekspor kendaraan sepanjang tahun 2020. Porsi itu naik 7,7% dibanding kontribusi kendaraan ramah lingkungan di tahun 2019,” papar pernyataan Kementerian seperti dilansir Korea JoongAng.

Hyundai Motor Group diketahui menjadi penyumbang ekspor kendaraan jenis ini. Model-model listrik seperti Kona EV dan Ioniq Electric, dan mobil hidrogen Nexo telah dikirim ke berbagai negara.

Di Korea Selatan, selian Hyundai Motor dan Kia Motors ada sejumlah pabrikan yang memproduksi mobil listrik atau elektrifikasi. Salah satunya, kongsi Renault-Samsung yang juga telah meluncurkan produknya. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This