Kantor Ducati Digerebek FBI, Diduga Terkait Pajak

Kantor Ducati Digerebek FBI, Diduga Terkait Pajak
Ilustrasi, Ducati Multistrada 950S model 2021 - dok.Istimewa via Rockwell Cycles

California, Motoris – Kantor Ducati di Mountain View, California, Amerika Serikat, dikabarakan telah digerebek aparat Biro Investigasi Federal (FBI) pada 17 Desember 2020 lalu. Meski lembaga itu hingga kini tak memberikan informasi, namun sejumlah saksi mata menyebut penggerebekan itu terkait dengan pencarian dokumen yang terkait dengan perpajakan.

Seperti dilaporkan Cycle News dan Roadracing World Selasa (12/1/2020), informs tersebut terungkap dari sebuah postingan Bay Area Riders Forum. Disebutkan seorang sumber yang berbicara dengan Asphalt & Rubber mengatakan, para agen FBI itu datang ke kantor dan memeriksa berbagai sudut ruangan kantor untuk mencari dokumen pajak dan dokumen lainnya.

“Beberapa saksi mata menyebut ada sekitar 30 agen FBI bersenjata melakukan pencarian. Diduga hanya ada dua karyawan yang berada di lokasi pada awal penggerebekan, dan seorang karyawan yang masih berada di lokasi hingga akhir proses itu,” tulis Roadracing World mengutip saksi mata.

Selain menyambangi dan mengubek-ubek kantor, aparat hukum Negeri Paman Sam itu juga mendatangi dan menggeledah rumah beberapa karyawan tingkat tinggi Ducati wilayah Amerika Utara.

Ducati Panigale V4 Superleggera – dok.Visordown

FBI telah merilis pernyataan kepada Roadracing World dan Asphalt & Rubber, dan mengonfirmasi bahwa sejumlah petugasnya telah mendatangi kantor Ducati. Namun, lembaga itu tak merinci alasan kedatangan para petugasnya itu.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa FBI San Francisco berada di lokasi itu pada 17 Desember 2020, untuk melakukan aktivitas penegakan hukum resmi pengadilan,” tulis juru bicara FBI Katherine Zackel.

Sementara pejabat Ducati masih enggan memberi komentar dengan alasan penyelidikan tengah berlangsung. “Sampai hari ini, tidak ada pernyataan untuk publik. Karena sifat penyelidikan yang sedang berlangsung, saya tidak dapat berkomentar lebih lanjut untuk saat ini,” ujar Marketing Director DucatiAmerika Utara, Phil Read dalam surat elektronik kepada Roadracing World.

Ilustrasi, Ducati Panigale 1299 versi reguler dengan tampilan mirip tunggangan pembalap Ducati di ajang balap MotoGP – dok.Financial Express

Dia hanya menyatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan lembaga pemerintah tersebut. (Ril/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This