Ini Alasan Honda RI Masih Setia Garap Pasar Motor Sport 150cc

Ini Alasan Honda RI Masih Setia Garap Pasar Motor Sport 150cc
Honda All New CBR150R varian warna Victory Black Red - dok.AHM

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) atau Honda Indonesia hingga kini masih serius menggarap pasar sepeda motor sport segmen 150cc di Tanah Air. Bahkan langkah paling baru Honda Indonesia adalah menggelontorkan versi anyar motor sport fairing Honda CBR150R atau All New CBR150R, Selasa (12/1/2021).

Motor yang disuguhkan dalam dua tipe – yakni tipe non ABS dan ber-ABS – dibanderol Rp 35,9 juta hingga Rp 40,8 juta on the road Jakarta. Honda CBR150R paling gres alias paling baru itu juga diharapkan berkontribusi positif dalam mendongkrak penjualan AHM di tahun 2021 ini yang ditargetkan – seperti diungkapakan Executive Vice President PT AHM, Johannes Loman – naik 10% dibanding tahun 2020 lalu.

“Tahun 2020, penjualan sepeda motor Honda 2.892.000 unit atau kita sebut saja 2,9 juta unit. Bagaimana target tahun ini (2020)/, kita perkirakan (naik) kurang lebih 10% dari tahun 2020,” ujar Loman saat sesi tanya jawab dalam rangkaian prosesi peluncuran motor tersebut, yang digelar secara virtual di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Lantas, apa alasan AHM masih setia meladeni pasar motor sport 150cc itu? Padahal, jika dilihat dari data yang dihimpun oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), porsi pasar motor sport dari keseluruhan segmen – sepanjang Januari hingga November 2020 lalu – hanya 6,1% dari total penjualan sepeda motor yang sebanyak 3.431.379 unit.

All New CBR150R – dok.AHM

“Tetapi dari studi kami, (terlihat) dari penjualan (seluruh segmen) motor sport, 89% lebih merupakan (penjualan dari) motor sport 150cc. Masih besar (porsi pangsa pasar motor sport 150ccterhadap total penjualan motor jenis itu,” kata Marketing Director PT AHM, Thomas Wijaya, dalam sesi tanya jawab usai peluncuran All New CBR150R.

Selain itu, lanjut Thomas, motor sport 150cc disukai oleh konsumen karena mereka masih merasa cukup nyaman. Sebab, dengan kondisi lalu-lintas di jalanan yang ada, dan tidak perlu mengendarai motor dengan kecepatan tinggi atau ngebut.

Terlebih, motor sport 150cc buatan Honda dirasa memiliki semburan tenaga atau power yang cukup pas dengan keinginan dan harapan mereka. Dengan kata lain, motor sport tersebut cocok digunakan di kota besar maupun kota kecil.

Kendati demikian, sebut Thomas, Honda juga memberikan sesuatu yang lebih bagi konsumen sesuai atau bahkan melebihi keinginan dan harapan mereka. Nilai lebih tersebut mulai dari gaya desain, fitur-fitur baru, maupun teknologi baru.

Ilustrasi, proses produksi Honda CBR150R versi lama – dok.AHM

“Termasuk Honda CBR150R ini (yang memiliki DNA Honda CBR250RR),” ucap Thomas.

Tetapi yang pasti, penguasaan pasar Honda atas  pasar motor sport segmen 150cc juga masih tinggi. Thomas menyebut Honda CBR150R yang mulai diproduksi di dalam negeri pada tahun 2014 lalu itu, sebelum pandemi Covid-19 menerpa Indonesia, penjualan saban tahunnya menyentuh angka 30.000 – 40.000 unit. (Die/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This