Sepanjang 2020, Hyundai dan Kia Rebut 45,6% Pasar SUV India

Sepanjang 2020, Hyundai dan Kia Rebut 45,6% Pasar SUV India
Hyundai Creta versi terbaru - dok.Hyundai

New Delhi, Motoris – Sepanjang tahun 2020 lalu, merupakan tahun gemilang bagi Hyundai Motor dan Kia Motor di India, karena dua pabrikan yang berada di bawah payung Hyundai Group ini berhasil menguasai pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di negeri itu. Total penjualan SUV Hyundai dan Kia di sepanjang tahun mencapai 315.532 unit atau naik 45,6% dibanding penjualan pada tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, Hundai dan Kia juga mencengkeram pangsa pasar terbesar di segmen SUV India di tahun tersebut. Seperti dilaporkan laman Business Korea, Selasa (12/1/2021), data yang dirilis Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM) menunjukkan, selama tahun 2020, sebanyak 707.152 unit SUV terjual di Negeri Sari itu.

“Artinya, selama tahun 2020 itu, Hyundai Motor dan Kia Motor merebut 44,6% kue pasar SUV di India. Pangsa pasar yang mereka kuasai naik signifikan dibanding pangsa pasar yang berhasil rebut di tahun 2019, yang masih sebesar 28,7%. Di tahun 2020 itu, satu dari dua SUV yang terjual di India adalah SUV Hyundai atau Kia,” tulis Business Korea.

Kia Seltos – dok.Istimewa

Dari total penjualan SUV dua merek sebanyak itu, 180.237 unit merupakan SUV buatan Hyundai dan 135.295 unit SUV Kia. Dengan penjualan sebanyak itu, Hyundai menguasai 25,5% pangsa pasar segmen SUV di India, dan Kia mencomot 19,1% pangsa pasar di segmen yang sama.

Secara keseluruhan – model dan jenis mobil – pada tahun 2020 itu Hyundai dan Kia berhasil melego sebanyak 564.147 mobil di India. Jumlah ini terdiri dari 423.642 unit mobil merek Hyundai, dan 140.505 unit mobil merek Kia.

Adapun total penjualan mobil di India – dari seluruh merek dan jenis – pada tahun yang sama sebanyak 2.439.964 unit. Jumlah penjualan ini merosot 17,4% atau berkurang 513.942 unit dibanding angka penjualan yang dikoleksi pada tahun 2019. (Die/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This