10 Merek Mobil Terlaris Dibeli Konsumen di 2020, Toyota Masih Teratas

10 Merek Mobil Terlaris Dibeli Konsumen di 2020, Toyota Masih Teratas
Toyota Kijang New Innova Venturer facelift - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2020 lalu, total penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih ke konsumen (ritel) tercatat mencapai 578.327 unit dan penjualan ke diler (wholesales) sebanyak 532.027 unit. Merek 10 besar yang membukukan penjualan ritel terbanyak masih belum berubah dibanding tahun 2019, termasuk posisi Toyota yang masih berada di urutan pertama.

“Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap pasar secara nasional, dan Toyota. Ini mulai terasa pada kuartal kedua,” ujar Ketua I Gakindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Akibat kondisi ekonomi nasional dan sosial masyarakat terdampak Covid-19 yang berpengaruh terhadap kondisi pasar itu, kata Jongkie, kinerja penjualan hampir semua merek kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air melorot. “Meski, di kuartal ketiga dan keempat berangsur membaik. Tetapi secara total, (penjualan) tahun 2020 masih di bawah (penjualan) tahun sebelumnya (2019),” ucap Jongkie.

Honda Brio Satya, mobil terlaris Honda di Indonesia sepanjang  2020 – dok.Istimewa

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris, Kamis (14/1/2021) menunjukkan, sepanjang 12 bulan penuh di tahun 2020 itu, Toyota berhasil melego mobil ke konsumen sebanyak 182.665 unit. Total penjualan ritel Toyota ini setara dengan 31,6% dari total penjualan ritel seluruh merek yang ada.

Jika dilihat secara rinci, meski secara volume penjualan kuartalan Toyota mulai kembali merangkak naik pada kuartal ketiga, setelah anjlok di di kuartal kedua. Pada kuartal pertama, merek ini masih melego mobil ke konsumen (ritel) sebanyak 66.599 unit, dan merosot tajam – hingga 60,4% – di kuartal kedua, sehingga total penjualan ritel hanya 26.366 unit.

Daihatsu Sigra versi terbaru – dok.Istimewa

Namun, pada kuartal ketiga mulai menanjak lagi, dengan besaran kenaikan 33,2% dibanding kuartal kedua. Walhasil, total penjualan ritel pada triwulan ketiga mencapai 35.111 unit.

Dan kuartal keempat kembali naik – dibanding kuartal ketiga – sebesar 55,5%. Sehingga, total penjualan ritel yang dibukukan mencapai 54.589 unit.

Pendorong kenaikan penjualan
Ihwal tren kenaikan penjualan yang terjadi di kuartal ketiga hingga berlanjut ke kuartal empat, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy yang dihubungi Motoris di Jakarta, Kamis (14/1/2021) menyebut ada beberapa faktor penyebab yang terkait. Termasuk antara hadirnya model baru dan versi baru dari model yang ada, yang disorongkan Toyota ke pasar, termasuk adanya sederet program penjualan yang ditawarkan diler.

Toyota Avanza versi terbaru – dok.Istimewa

“Intinya kombinasi beberapa faktor. Tentu faktor market yang juga naik seiring dengan membaiknya ekonomi dan indeks kepercayaan konsumen, plus support kredit dari leasing yang membaik. Dan tidak ketinggalan effort dari Toyota,” kata Anton.

Adapun 10 merek dengan penjualan ritel terbanyak sepanjang tahun 2020, adalah:
1.Toyota, total penjualan 182.665 unit (pangsa pasar 31,6%)
2.Daihatsu, total penjualan 100.026 unit (pangsa pasar 17,3%)
3.Honda, total penjualan 79.451 unit (pangsa pasar 13,7%)
4. Suzuki, total penjualan 72.389 unit (pangsa pasar 12,5%)
5. Mitsubishi, total penjualan 54.768 unit (pangsa pasar 9,5%)
6. Mitsubishi Fuso, total penjualan 24.000 unit (pangsa pasar 4,1%)
7. Isuzu, total penjualan 17.855 unit (pangsa pasar 3,1%)
8. Hino, total penjualan 13.083 unit (pangsa pasar 2,3%)
9. Wuling, total penjualan 9.523 unit (pangsa pasar 1,6%)
10.Nissan, total penjualan 7.408 unit (pangsa pasar 1,35). (Fat/Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This