Toyota Kuasai 31,6% Pasar RI Sepanjang 2020, Ini Tiga Mobil Terlarisnya

Toyota Kuasai 31,6% Pasar RI  Sepanjang 2020, Ini Tiga Mobil Terlarisnya
Toyota Avanza - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2020 lalu, mobil Toyota yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 182.665 unit di Indonesia. Jumlah ini setara dengan 31,6% dari total penjualan ritel secara nasional – yang dibukukan oleh seluruh merek dan berbagai jenis kendaraan roda empat atau lebih – yang sebanyak 578.327 unit.

Meski, seperti halnya yang dialami hampir seluruh merek yang menjual produknya di Indonesia, total penjualan ritel Toyota itu juga merosot dibanding tahun sebelumnya terutama setelah badai wabah virus corona (pandemi Covid-19) menerjang Tanah Air. Sebab, kondisi perekonomian nasional juga melemah karenanya.

Namun, jika dilihat kinerja dari kuartal ke kuartal, tren penjualan merek asal Jepang itu terus naik setelah melorot di kuartal kedua. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan ritel Toyota di kuartal pertama masih sebanyak 66.599 unit, tapi di kuartal kedua hanya 26.366 unit alias melorot 60,4%.

Toyota Rush – dok.Istimewa

Kondisi itu mulai berbalik di kuartal ketiga yang naik 33,2% dibanding kuartal kedua, dengan total penjualan ritel sebanyak 35.111 unit. Bahkan, di kuartal keempat kenaikan dari kuartal sebelumnya mencapai 55,5% dengan total penjualan sebanyak 54.589 unit.

Ihwal tren kenaikan penjualan yang terjadi di kuartal ketiga hingga berlanjut ke kuartal empat itu, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy yang dihubungi Motoris di Jakarta, Kamis (14/1/2021) menyebut ada beberapa faktor penyebab yang terkait. Termasuk antara hadirnya model baru dan versi baru dari model yang ada, yang disorongkan Toyota ke pasar, termasuk adanya sederet program penjualan yang ditawarkan diler.

“Intinya kombinasi beberapa faktor. Tentu faktor market yang juga naik seiring dengan membaiknya ekonomi dan indeks kepercayaan konsumen, plus support kredit dari leasing yang membaik. Dan tidak ketinggalan effort dari Toyota,” kata Anton.

Toyota New Kijang Innova diluncurkan pada 15 Oktober 2020 – dok.Istimewa

Dia menyebut sepanjang tahun 2020, Toyota telah menggelonotorkan 13 produk ke pasar Indonesia. Produk-produk itu mulai dari dari low segment, sport car, hingga elektrifikasi.

Selama 12 bulan penuh di 2020 tersebut, tiga model Toyota tercatat menjadi penyumbang penjualan ritel terbanyak alias terlaris dibeli konsumen. Ketiganya adalah, Toyota Avanza yang terjual ke masyarakat sebanyak 40.728 unit atau 22,3% dari total penjualan ritel merek ini.

Kemudian Toyota Rush yang terlego ke konsumen sebanyak 34.528 unit atau 18,9% dari total penjualan merek. Dan ketiga, Toyota Kijang Innova yang laku 29.952 unit atau menyumbang 16,4%.

Ilustrasi, Festival Avanza-Veloz Sebangsa – dok.TAM

Adapun rincian penjualan Toyota Avanza saban bulannya adalah sebagai berikut: selama Januari terjual sebanyak 6.293 unit, Februari 5.807 unit, Maret 3.897 unit, April 1.897 unit, Mei 1.296 unit, dan Juni sebanyak 2.248 unit.

Kemudian di bulan Juli laku sebanyak 3.003 unit, Agustus 2.231 unit, September 2.691 unit, Oktober 2.694 unit, dan November 3.499 unit, dan di Desember dibeli konsumen sebanyak 5.170 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This