Malaysia Berlakukan Lockdown, Pabrik Toyota dan Honda Tutup Sementara

Malaysia Berlakukan Lockdown, Pabrik Toyota dan Honda Tutup Sementara
Ilustrasi, produki mobil Honda di Malaysia - dok.Paultan.org

Kuala Lumpur, Motoris – Dua pabrikan kondang asal Jepang – yakni Toyota Motor dan Honda Motor – di Malaysia, telah menutup sementara atau menghentikan operasi sementara pabriknya di Malaysia. Langkah ini diambil terkait dengan kebijakan pemerintah negeri itu yang memberlakukan lockdown atau penguncian wilayah dalam rangka pengendalian pandemi Covid-19.

Seperti dilaporkan Nikkei dan Economic Times, Kamis (14/1/2021) kedua pabrikan itu menyatakan akan melanjutkan proses produksi atau mengoperasikan kembali pabriknya setelah kebijakan lockdown yang berlangsung hingga 26 Januari itu dicabut. Malaysia menetapkan lockdown di ibu kota negara (Kuala Lumpur) dan lima negara bagian.

Honda menghentikan operasi dua pabriknya yang berada di Penang dan Malaka. Bahkan penghentian operasi itu sudah dimulai sejak Rabu (13/1/2021).

Pabrik Toyota di Port Klang, Malaysia – dok.Istimewa via Carlist.my

Sedangkan Toyota melakukannya sejak Kamis (14/1/2021). Pabrik Toyota yang ditutup sementara itu, merupakan pabrik yang memproduksi Toyota Yaris dan Toyota Hilux.

“Langkah-langkah (lockdown) yang diterapkan di Malaysia termasuk larangan perjalanan internasional, telah membuat perjalanan ke tempat kerja lebih sulit bagi karyawan pabrikan,” tulis Nikkei. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This