Pertarungan Mobil Cina vs Korea di RI Selama 2020, Begini Hasilnya

Pertarungan Mobil Cina vs Korea di RI Selama 2020, Begini Hasilnya
SUV Wuling Almaz, mobil andalan Wuling Motors Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Di pasar kendaraan bermotor roda empat untuk penumpang (mobil) merek-merek dari Asia non Jepang, ada sejumlah merek khususnya dari Cina dan Korea Selatan. Mereka adalah – yang menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia – Wuling, Dongfeng Sokon (DFSK), Morris Garage (MG), Hyundai, serta Kia.

Dua merek asal Cina yakni Wuling dan DFSK yang mulai merambah pasar Indonesia belakangan dibanding duo Korea – Hyundai dan Kia – ternyata penjualannya ke konsumen (ritel) lebih banyak.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang tahun 2020 kemarin, Wuling berhasil membukukan penjualan ke konsumen sebanyak 9.523 unit. Sedangkan DFSK di saat yang sama mengoleksi angka penjualan ritel 2.424 unit.

SUV Hyundai Santa Fe yang dijual di Indonesia hingga kini- dok.Motoris

Sementara jumlah penjualan ritel yang dibukukan Hyundai pada tahun yang sama sebanyak 762 unit (terdiri dari 581 unit yang dipasarkan PT Hyundai Indonesia Motor atau HIM dan 181 unit oleh PT . Hundai Motors Indonesia atau HMID). Sekondan Hyundai – yang notabene anak perusahaan Hyundai Motor – yakni Kia, di tahun itu mencatatkan penjualan ritel sebanyak 658 unit.

Adapun merek dari Inggris yang kini dimiliki oleh pabrikan asal Cina, SAIC Motors Corporation Ltd – yakni Morris Garage (MG) – di tahun tersebut baru berhasil menjual produknya ke konsumen sebanyak 313 unit. Merek ini, meski mulai beroperasi di Indonesia pada Januari 2020, namun baru meluncurkan produk dan secara resmi menjualnya pada bulan Maret tahun itu. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This