Pandemi, Penjualan Truk Asal Cina FAW di RI Tak Bersemi Lagi

Pandemi, Penjualan Truk Asal Cina FAW di RI Tak Bersemi Lagi
Truk FAW yang dijual di Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Produsen otomotif asal Changchun, Republik Rakyat Cina (Cina) – FAW Group Corporation – telah hadir di pasar Indonesia melalui produk kendaraan komersial truk sejak beberapa tahun lalu. Meski belum sebanyak penjualan merek-merek lain – khususnya dari Jepang – namun, dalam di tahun 2018 dan 2019 penjualan truk merek ini menanjak, sebelum luruh di tahun 2020.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang tahun 2017 penjualan truk ini tercatat masih sebanyak 209 unit (Pada tahun berikutnya, menanjak menjadi 257 unit.

Pada saat itu, truk berat dengan bobot kosong lebih dari 24 ton mendominasi penjualan dengan jumlah 243 unit. Sementara truk dengan bobot 10-24 ton terjual 4 unit, dan truk berbobot 5-10 ton laku 10 unit.

Varian truk FAW di Indonesia – dok.Motoris

Jumlah penjualan kembali bersemi pada tahun 2019. Fakta data memperlihatkan, penjualan ke diler (wholesales) truk besutan pabrikan yang berdiri sejak tahun 1958 itu sebanyak 291 unit. Jumlah yang dijual langsung ke konsumen (ritel) pun sama, yakni 291 unit.

Namun, di tahun 2020 penjualan truk FAW tak bersemi lagi. Total wholesales yang dikantongi merek asal Changcun, Cina, itu tercatat sebanyak 220 unit.

Jumlah itu berasal dari penjualan di bulan Januari sebanyak 18 unit, Februari 48 unit, Maret 44 unit, April 17 unit, Mei 3 unit, Juni 5 unit, Juli 12 unit.

Truk FAW yang dijual di Indonesia – dok.Motoris

Kemudian dari penjualan di bulan Agustus yang sebanyak 13 unit, September 9 unit, Oktober 18 unit, November 17 unit, dan dari penjualan selama Desember yang sebanyak 16 unit.

Sementara total penjualan ritel selama tahun tersebut, sama persis dengan jumlah wholesales. Begitu pula rincian penjualan dari bulan ke bulan, juga tidak ada yang berbeda. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This