Jadi Pilar Utama di 2020, Segini Penjualan Ritel MPV dan SUV Toyota

Toyota New Alphard – dok.TAM

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2020 lalu sebanyak 182.665 unit mobil Toyota terjual ke konsumen (ritel). Jumlah tersebut setara dengan 31% dari total penjualan ritel mobil di Indonesia yang sebanyak 578.327 unit.

“Dari total retail sales itu, model MPV masih menjadi kontributor penjualan terbanyak dengan total 105.274 unit atau 57,6%. Dan terbesar kedua, SUV dengan total retail sales 47.995 unit atau berkontribusi sebesar 26,8%,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan MPV Toyota itu berasal dari penjualan Toyota Avanza yang sebanyak 40.728 unit. Jumlah ini setara dengan 22,3% dari total penjualan ritel Toyota.

Toyota Kijang New Innova Venturer facelift – dok.Istimewa

Kemudian dari penjualan Toyota Kijang Innova yang sebanyak 29.952 unit (16,4%), Calya yang laku 28.960 (15,9%), dan Toyota Alphard yang terlego 2.922 unit (1,6%). Penjualan ritel MPV Toyota juga berasal dari Toyota Voxy yang terjual 1.805 unit (1,0%), dan Toyota Sienta yang sebanyak 907 unit (0,5%).

Sementara, total penjualan ritel SUV dikoleksi dari penjualan Toyota Rush yang sebanyak 34.528 unit. Jumlah tersebut memberi sumbangan 18,9% ke total penjualan ritel Toyota sepanjang tahun 2020 itu.

Toyota Fortuner, salah satu dari lima mobil terlaris Toyota di 2020- dok.Istimewa

Kontributor penjualan terbanyak kedua dari keluarga SUV adalah Toyota Fortuner yang laku 12.420 unit atau menyumbang 6,8%. Lalu, Toyota C-HR dan Toyota Corolla Cross. Masing-masing menyumbang 282 unit (0,2%) dan 765 unit (0,4%). (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This