Vaksinasi Diyakini Bikin Penjualan Motor di RI Moncer Lagi

All Honda PCX 160 resmi diluncurkan di Indonesia, 5 Februari 2021 – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2020 kemarin penjualan kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor) di Indonesia terjerembab – setelah anjlok hingga 43,5%. Amblesnya penjualan “kuda besi” di Tanah Air itu menyusul dampak wabah virus corona atau pandemi Covid-19 terhadap aktifitas sosial masyarakat dan ekonomi nasional.

Data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) beberapa waktu lalu menunjukkan, sepanjang kuartal pertama ekonomi nasional masih tumbuh positif 2,97%. Namun di kuartal kedua – atau sesaat setelah badai wabah virus corona menerpa Indonesia – ekonomi – 5,32% di kuartal kedua, dan -3,49% di kuartal ketiga.

Bahkan, data terbaru yang diungkap Kepala BPS, Suhariyanto, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat(5/2/2021) memperlihatkan, di kuartal pamungkas tahun 2020 atau kuartal keempat masih sama. Ekonomi RI -2.19%.

Ilustrasi, peluncuran All New Yamaha XSR 155 di Indonesia – dok.Motoris

Kini, seiring dengan upaya vaksinasi masyarakat untuk mencegah paparan virus corona (Covid-19) yang tengah diupayakan pemerintah, memberi secercah harapan baru bagi perekonomian. Tidak terkecauli bagi industri seoeda motor di Tanah Air.

Seperti diungkap Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman, distribusi vaksin Covid-19 yang tengah dilakukan pemerintah, akan menangkal wabah virus yang mematikan itu. Jika itu terjadi, maka kegiatan masyarakat dan ekonomi juga akan pulih.

Ilustrasi, skutik Suzuki Nex Cross – dok.Istimewa

“Jika penyebaran vaksin sudah dimulai merata maka pandemi akan dapat diatasi dan ekonomi akan lebih bergerak dan tumbuh, pasti mobilitas akan dibutuhkan,” papar pria yang juga Executive Vice President PT Astra Honda Motor itu dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (5/2/2021).

Loman mengaku yakin keberadaan vaksin dan upaya vaksinasi akan mempengaruhi penjualan motor di Indonesia. Sebab jika masyarakat sehat, Covid-19 bisa diatasi, dan roda ekonomi menggelinding lebih kencang lagi, maka kebutuhan dan permintaan kendaraan – termasuk sepeda motor – akan kembali meninggi.

Honda All New CBR150R di Indonesia dibanderol mulai Rp 35,9 juta hingga Rp 40,8 juta on the road Jakarta – dok.AHM

Bahkan, Loman memperkirakan penjualan sepeda motor di Tanah Air pada tahun 2021 ini bakal tumbuh 10% dibanding penjualan sepanjang tahun 2020 lalu. Data AISI memperlitakan sepanjang penjualan sepda motor hanya sebanyak 3.660.616 unit, ambrol 43,5% tahun sebelumnya yang sebanyak 6.487.460 unit. (Fan/Ara).

CATEGORIES
TAGS
Share This