Di Januari Ekspor Mobil Korea Naik Segini, SUV Mendominasi

Ilustrasi, SUV terbaru Hyundai Palisade – dok.HMID


Seoul, Motoris – Pemeritah Korea Selatan, Senin (15/22021) mengumumkan produksi dan ekspor mobil merek lokal negeri itu (yakni Hyundai, Kia, GM-Korea, Renault-Samsung, dan SsangYong), sepanjang Januari meningkat. Total produksi dari seluruh merek itu naik 24,9% dan ekspor ke berbagai negara menanjak 29,5% dibanding Januari 2020.

Seperti dilaporkan laman Korea Business dan The Business Herald, Rabu (17/2/2021), informasi itu disampaikan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi.

Dalam keterangan resminya, kementerian menyebut total mobil yang diekspor pada bulan pertama 2021 itu sebanyak 148.546 unit, sedangkan pada bulan yang sama tahun lalu jumlahnya masih sebanyak 192.322 unit.

Kia Carnival versi terbaru atau generasi keempat – dok.Kia via Yonhap

“Lonjakan ekspor ditopang oleh ekspor SUV yang melejit hingga 37,7%. Pulihnya permintaan dari Amerika Serikat telah memantik meningkatnya permintaan semua kategori mobil kecuali mobil ukuran kompak,” ujar pejabat kementerian.

Menurut dia, nilai ekspor selama Januari tahun ini mencapai US $4 miliar, naik 40,2% dibanding nilai ekspor selama bulan yang sama tahun 2020. Kenaikan tersebut merupakan yang tertinggi sejak September 2017.

SUV SsangYong Korando – dok.The Korea Herald

“SUV kelas atas dan mobil ramah lingkungan memimpin ekspor, kenaikan nilai melebihi 150% dari kenaikan volume. Ekspor mobil ramah lingkungan Korea Selatan mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar US $900 juta, atau sekitar 25% dari total ekspor mobil,” ujar pejabat tersebut. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This