Pasar Low SUV di Januari, Rush Menjuarai dan DFSK Glory 560 Masih Sepi

DFSK Glory 560 – dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Sampai dengan Januari, varin Sport Utility Vehicle (SUV) tercatat masih menyumbang penjualan terbesar kedua setelah mobil keluarga serbaguna (MPV). Di ceruk pasar SUV tersebut, kontribusi yang terbesar masih berasal dari segmen Low SUV.

Hingga bulan pertama tersebut model yang disajikan produsen ke konsumen juga masih belum berubah. Urutan penguasaan pasar pun juga masih relatif masih sama dengan tahun sebelumnya.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, Toyota Rush masih menjuarai penjualan ke konsumen (ritel). Total jumlah yang berhasil dibukukannya mencapai 3.352 unit.

Toyota All New Rush -dok.Auto2000

Saudara kembarnya – Daihatsu Terios – menguntit di belakangnya, meski dengan selisih jumlah yang cukup besar. Low SUV yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor ini terjual ke konsumen sebanyak 1.377 unit.

Berada di urutan ketiga terdapat Suzuki XL7. Mobil yang memulai kiprahnya di pasar otomotif Tanah Air pada Februari 2020 lalu itu, laku 1.227 unit.

Sementara Mitsubishi Xpander Cross mendiami posisi keempat dengan total penjualan sebanyak 1.166 unit. Dia jauh mengungguli Low SUV besutan Honda Motor yaitu Honda BR-V yang hanya mengumpulkan angka penjualan ritel sebanyak 131 unit.

Honda BR-V yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

Adapun, yakni Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 560 berada di urutan bontot. Low SUV merek asal Republik Rakyat Cina ini terlego hanya sebanyak 32 unit. Peminat mobil ini di bulan Januari itu masih sepi. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This