Piaggio Group Klaim Rajai Pasar Motor di Eropa

Salah satu varian model skuter Piaggio di Eropa – dok.Istimewa via Wide Magazine


Pontedera, Motoris – Grup Piaggio – yang terdiri dari Piaggio, Moto Guzzi, Aprilia Derbi, dan lainnya – sepanjang tahun 2020 lalu telah mencatatkan jumlah penjualan terbanyak di antara merek-merek kendaraan bermotor roda dua di Eropa. Grup ini mengklaim telah merebut 14,2% pangsa pasar kendaraan tersebut di wilayah itu.

Dalam keterangan resmi yang dirilis Piaggio Indonesia di Jakarta, Senin (22/2/2021), grup itu mengaku penjualannya di sepanjang tahun tersebut naik 24% dibanding tahun sebelumnya. Total penjualan yang dibukukan seluruh merek di Eropa tahun itu sebanyak 1,455 juta unit.

Skuter produksi Piaggio – dok.Piaggio

Dari total jumlah penjualan tersebut, 207.000 unit di antaranya merupakan skuter yang diproduksi oleh Piaggio. Angka penjualan Piaggio ini naik 6% dibanding jumlah yang berhasil dikoleksi grup di sepanjang tahun 2019.

“Faktor (penopang penjualan) utamanya adalah skuter Vespa, Moto Guzzi V85TT, berkembangnya brand Aprilia di segmen motor (motor sport), dan kesuksesan brand Piaggio di produk skuter,” bunyi keterangan resmi grup tersebut

Sementara di sepanjang tahun 2021 ini, pabrikan yang bermarkas di Pontedera, Italia, ini berencana menggelontorkan 11 model anyar. Mereka terdiri dari lima skuter dan enam sepeda motor.

Ilustrasi, Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary – dok.Moto Guzzi

Di antara model baru tersebut adalah Moto Guzzi V7, Aprilia Tuono 660, Beverly versi baru, serta skuter listrik Piaggio yang akan diluncurkan pada Juni mendatang. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This