BMW Vs Mercy di RI: Segini Penjualan Mereka hingga Januari Tahun Ini

Ilustrasi, mobil BMW yang diproduksi di Jerman – dok.Motor1.com

Jakarta, Motoris – Di awal tahun 2021 ini, ada sedikit “kesalahpahaman” di saat membaca data perbandingan penjualan (baik ke diler atau wholesales, maupun ke kosumen atau ritel) antara duo merek asal Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW) dan Mercedes-Benz.

Maklum, di data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang beredar sebelumnya, tertera penjualan Mercedes-Benz (Mercy) hanya sampai dengan bulan November.

Walhasil, total penjualan merek berlambang bintang tiga itu jauh lebih kecil ketimbang angka penjualan yang dicatatkan oleh pesaing beratnya, BMW. Saat itu, penjualan ke diler (wholesales) BMW sebanyak 1.983 unit ambles 20,7% dibanding tahun.

Peluncuran BMW M2 Competition Design by Futura di Indonesia – dok.BMW Group Indonesia

Sementara penjualan ke konsumen (ritel) merek ini tercatat sebanyak 2.082 unit alias ambles 16,7% dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan wholesales Mercy tertulis hanya 1.684 unit atau ambrol terkoreksi 49% dari tahun sebelumnya, dan ritel 1.780 unit.

Namun, setelah data penjualan – baik wholesales maupun ritel – dimasukkan ke data penjualan sepanjang tahun 2020 itu, ternyata penjualan Mercy masih mengungguli BMW.

“Data sebelumnya, belum memasukan angka penjualan di bulan Desember. Tetapi setelah dimasukkan kami masih nomor satu,” ujar Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, saat dihubungi belum lama ini.

Ilustrasi, Mercedes-Benz C108 terbaru yang diluncurkan di Indonesia- dok.MBDI

Data teranyar menunjukkan, total wholesales Mercy sepanjang tahun 2020 sebanyak 2.056 unit. Adapun penjualan ritel yang berhasil dikantongi sebanyak 2.226 unit. Pada saat yang sama, wholesales BMW tetap 1.983 unit dan ritel juga tetap 2.082 unit.

Bahkan, di tahun tersebut Mercy juga menempati urutan pertama di daftar penjualan mobil mewah – yang terdaftar sebagai anggota Gaikindo – di Tanah Air. Terbukti di daftar wholesales Mercy mengoleksi angka penjualan 2.056 unit, BMW 1.983 unit, Lexus 947 unit, Volkswagen 475 unit, MINI: 411 unit, dan Audi hanya 47 unit.

Posisi yang sama juga ditempati Mercy dalam daftar penjualan ritel. Dia mengoleksi angka penjualan sebanyak 2.226 unit, BMW 2.082 unit, Lexus 990 unit, MINI 483 unit, Volkswagen 475 unit, dan Audi 47 unit.

Ilustrasi, New Mercedes-Benz E-Class yang dirakit di Bogor, Indonesia – dok.OtoSpirit.com

Ternyata posisi unggul Mercy atas BMW masih terjadi higga Januari tahun ini. Di wholesales Mercy mencatatkan penjualan sebanyak 192 unit dan ritel 192 unit. Sementara BMW membukukan wholesales 68 unit dan penjualan ritel 168 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This