Ini Jurus Pabrikan Mobil Vietnam VinFast Gedor Pasar Amerika

Ilustrasi, proses produksi mobil di pabrik VinFast – dok.Bloomberg via Vietnam Insider


Hanoi, Motoris – Produsen mobil asal Vietnam – yang merupakan bagian dari Vingroup JSC – VinFast tahun ini berencana mendirikan pabrik mobil listrik di Amerika Serikat (AS). Setelah itu, Kanada dan Eropa juga akan disasar untuk menjajakan mobil listrik buatannya di tahun 2022.

Seperti dilaporkan laman Vietnam Insider dan Bloomberg, Selasa (2/3/2021), pendiri sekaligus Chairman VinFast, Pham Nhat Vuong pada akhir tahun 2029 lalu menegaskan grup perusahaan sangat mendukung langkah VinFast untuk berekspansi ke AS. Negara itu menjadi tujuan pertama ekspansi mobil listrik VinFast ke luar negeri.

“Perusahaan berencana untuk mendirikan pabrik mobil di AS,” kata Chief Executive Officer VinFast, Thai Thanh Hai, kepada Bloomberg via surat elektronik.

Hanya, dia tak bersedia memberikan informasi detil soal waktu pendirian pabrik tersebut hingga lokasi dimana pabrik bakal berada. “Visi VinFast adalah menjadi menjadi pabrikan mobil listrik pintar di pasar global. Pasar AS merupakan salah satu pasar internasional pertama yang menjadi fokus kami. Pada tahap awal, kami memproduksi mobil model kelas atas untuk pasar negara itu,” papar Hai.

Ilustrasi, poses produksi mobil VinFast di pabriknya yang berada di Vietnam – dok.Bangkok Post

Setelah AS perusahaan juga merencanakan penjualan di Kanada dan Eropa tahun 2022. VinFast – yang baru berusia lima tahun ini – menunjukan pertumbuhan kinerja penjualan yang signifikan.

Sepanjang tahun 2020 kemarin – menurut data Asosiasi Produsen Mobil Vietnam (VAMA) – berhasil; melego 30.000 unit mobil buatannya di dalam negeri Vietnam. Sedangkan total penjualan mobil di Negeri Paman Ho, pada tahun tersebut tercatat sebanyak 296.634 unit, artinya penjualan VinFast telah mencuil sekitar 10% pangsa pasar.

Kini, di tahun 2021 ini, pabrikan tersebut mematok target penjualan lebih dari 45.000 unit. Bahkan, di Desember nanti, VinFast sudah mengirimkan mobil listrik – yang dibuat di pabri8kanya di kota Haiphong – ke konsumen lokal.

SUV pertama yang diuat oleh pabrikan lokal Vietnam VinFast – dok.Vietnam Insider

Teknologi dan kualitas tinggi
Thai Thanh Hai tak menampik saat ini masih banyak konsumen di luar negeri yang meragukan kualitas mobil buatan VinFast. Namun, dia yakin akan mampu menggaet hati pelanggan dengan menyuguhkan kendaraan berkualitas dengan standar keamanan tinggi dan teknologi canggih.

Terlebih, kini regulator di Californi, AS, telah memberikan lisensi kepada VinFast untuk menguji kendaraan otonom buatannya di jalan umum. Maklum, VinFast bertekad untuk mengirimkan mobil listrik buatannya ke pembeli di Negeri Paman Sam itu pada tahun 2022 nanti.

Meski, Hai tak bersedia menyebut nilai investasi yang digelontorkan di negeri adidaya tersebut. Kini VinFast telah memiliki R&D Institute yang berkantor di San Francisco AS, Australia dan Vietnam.

Ilustrasi, VinFast President, SUV termahal yang dibuat oleh VinFast – dok.Vaaju.com

Lembaga penelitian dan pengembangan itu, kini sedang mengerjakan teknologi mobil otonom.

“Kami saat ini sedang mengembangkan fitur autopilot untuk mobil yang direncanakan dijual di pasar AS pada tahun 2022 nanti,” kata VinAI Research, Bui Hai Hung.

Produsen mobil yang di awal kiprahnya menjalin kerjasama dengan BMW ini berencana menawarkan dua SUV listrik mewah – yakni VF32 dan VF33 – di AS, Kanada, dan Eropa.

VinFast President resmi dijual di Vietnam – dok.WeLoveCar

“Kebijakan Gubernur California Gavin Newsom yang diungkapkan pada bulan September (2020) lalu untuk menghentikan penjualan mobil bermesin bensin pada tahun 2035 merupakan dorongan tambahan bagi perusahaan untuk menjual EV di AS,” tandas Thai Thanh Hai. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This