Tahun Lalu Ambrol 31,2%, Kini Penjualan Royal Enfield di India Mulai Mendaki

Royal Enfield Meteor 350 tengah dikendarai – dok.Royal Enfield Indonesia


New Delhi, Motoris – Merek asal Inggris yang kini dimiliki Eicher Motors – perusahaan asal India – Royal Enfield, dalam dua bulan pertama tahun ini, yakni di Januari dan Februari membukukan kinerja penjualan yang positif di negeri sendiri India. Penjualan di awal tahun ini menjadi permulaan yang baik, setelah tahun 2020 lalu penjualan global merek ini ambrol 29,7%.

Bahkan, seperti dilaporkan laman Motorcycle Data, belum lama ini, di India sepanjang tahun tersebut penjualan merek itu malah ambrol sangat dalam, yakni 31,2%. Padahal, Negeri Sari itu merupakan pasar terbesarnya, dengan porsi hingga 93%, sedangkan pasar luar negeri hanya 7%.

Sementara di tahun 2021 ini, seperti dilaporkan laman BikeWale dan The Business India, Rabu (3/3/2021), sepanjang Januari Royal Enfield membukukan penjualan di India sebanyak 64.372 unit. Bulan berikutnya atau Februari, naik 1,1% menjadi 65.114 unit.

Royal Enfield Interceptor 650 – dok.Autocar India

Jumlah penjualan yang dibukukan sepanjang Februari tahun ini naik 10% dibanding penjualan sepanjang bulan yang sama tahun lalu yang sebanyak 69.659 unit. Sedangkan ekspor di bulan Februari tahun ini melonjak 94% menjadi 4.545 unit dibanding ekspor di bulan yang sama tahun lalu, yang sebanyak 2.348 unit.

Sebelumnya, laman Motorcycle Data melaporkan hasil risetnya di 80 negara. Riset yang mencakup penjualan kendaraan bermotor roda dua sepanjang tahun 2020 itu menunjukkan, di tahun tersebut penjualan Royal Enfield di Eropa sepanjang tahun 2020 itu naik 43% . Kemudian di Asia Tenggara tumbuh 7% dan di Amerika Latin naik 13,8%.

Ilustrasi, Royal Enfield Interceptor 650 Twin, salah satu motor yang diimpor dari India oleh Indonesia – dok.Motoris

“Tetapi sayang, di India yang merupakan pasar terbesar dengan porsi 97% itu penjualan Royal Enfield justeru anjlok 31,2%,” bunyi keterangan hasil riset tersebut.

Di bulan November 2020 lalu, Royal Enfield meluncurkan model terbaru yakni Meteor 350 di negeri asalnya – India – yang kemudian dijajakan ke berbagai negara. Termasuk di Indonesia, yang belum diluncurkan secara resmi tetapi telah dibuka pemesanannya pada pertengahan Februari lalu.

Bahkan, beberapa hari sebelumnya atau pada 11 Februari, pabrikan meluncurkan versi anyar dari motor adventure tourer Royal Enfield Himalayan.

Royal Enfield Himalayan terbaru – dok.Times of India

Meski hanya mendapatkan ubahan minor, versi anyar ini mendapatkan tambahan berupa perangkat sistem navigasi tripper. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This