Pacu Jualan: Mazda RI Sajikan CX-9 dan CX-5 Baru, Sebelumnya Dua Kali Ambles

Mazda-CX-5 GT yang diluncurkan di Indonesia-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memperkenalkan penambahan fitur dan penyegaran di dua model sport utility vehicle (SUV) yang dijajakan di Indonesia, yakni Mazda CX-9 AWD dan Mazda CX-5 tipe GT. Mazda CX-9 versi baru dibanderol Rp 869,9 juta dan Rp 998,8 juta untuk varian AWD, sementara CX-5 dihargai Rp 555,8 juta on the road Jakarta.

Keterangan resmi EMI, yang dirilis di Jakarta, Selasa (9/3/2021) menyebut fitur terbaru di Mazda CX-9 varian 2WD meliputi paddle shift, wireless smartphone charger, dan wireless Apple CarPlay. Varian ini juga memiliki grille depan yang lebih besar, velg alloy berdesain baru, tail pipe lebih besar, seat side quilting finish, serta dekorasi panel baru.

Sementara, untuk varian AWD, grill menggunakan warna dan desain baru. Begitu pun dengan velg yang menggunakan desain dan warna baru. SEperti varian 2WD, varian ini juga memakai tailpipe yang lebih besar

Ubahan pada kabin terlihat dari desain bagian samping jok, dan bagian panel interior. Pelapius jok menggunakan lembaran kulit Nappa berwarna cokelat. Real Wood Panel terlihat hadir di sejumlah bagian.

Mazda CX-9 versi baru yang diluncurkan di Indonesia – dok.Istimewa

Sementara, Mazda CX-5 mendapatkan penyegaran pada bagian mesin dengan menghadirkan tiga pilihan varian yaitu, Touring, GT dan ELITE. “Khusus varian GT, kami juga memberikan fitur baru yang akan menyuguhkan kesenangan berkendara lebih sporty,” papar Managing Director PT. EMI, Ricky Thio, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

New Mazda CX-5 dibanderol Rp 555,8 juta untuk varian GT on the road Jakarta. SUV ini disebut Head of Sales PT Eurokars Motor Indonesia, Dedy Kurniawan Saputro sebagai tulang punggung penjualan Mazda di Indonesia. Dia mengatakan sepanjang tahun 2020 lalu, dari total penjualan ke konsumen yang sebanyak 2.611 unit , sebagian besar merupakan Mazda CX-5.

“Mazda CX-5 sudah tidak ada lagi, karena sudah terjual habis atau sold out,” kata dia dalam kesempatan yang sama.

Ilustrasi, Mazda CX-5 versi sebelumnya – dok.Istimewa

Kinerja penjualan Mazda di RI
Sementara itu, data fakta menunjukkan penjualan Mazda di Tanah Air di tahun 2020 lalu ambles untuk kedua kalinya setelah di tahun 2019 juga mencatatkan kinerja yang serupa.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan, sepanjang tahun 2020 total penjualan ritel yang dikantongi sebanyak sebanyak 2.611 unit.

Padahal di tahun sebelumnya atau tahun 2019, total penjualan ritel masih sebanyak 4.934 unit. Jumlah penjualan ini ambles lumayan dalam dibanding penjualan ritel di sepanjang tahun 2018 yang sebanyak 5.957 unit.

Ilustrasi, peluncuran Mazda CX-9 di Indonesia tahun 2018 – dok.Istimewa

Amblesnya penjualan masih terjadi di bulan Januari atau awal tahun ini. Data berbicara, di bulan tersebut penjualan ritel yang dibukukan sebanyak 329 unit, atau jauh di bawah jumlah yang dicatatkan pada Desember 2020 yang sebanyak 364 unit. (Don/Kra/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This