Pacu Ekonomi Tumbuh 6% Cina Genjot Penjualan Mobil, Begini Hasilnya

Ilustrasi, produksi mobil di pabrik salah satu merek di Cina – dok.Chinadaily.com.cn


Beijing, Motoris – Pemerintah Republik Rakyat Cina (Cina) menargetkan pertumbuhan ekonomi negaranya di tahun 2021 ini mencapai di atas 6%. UNtuk mewujudkan itu, konsumsi masyarakat digenjot dan dijaga kestabilannya.

Seperti dilaporkan Xinhua dan Asian Business, Jumat (12/3/2021) laporan kerja pemerintah yang dirilis belum lama ini menyebut selaras dengan upaya memacu pertumbuhan ekonomi itu, pemerintah memanfaatkan potensi pasar domestik melalui peningkatan permintaan domestik.

“Pemerintah terus mendorong peningkatan belanja masyarakat khususnya untuk pembelian mobil di antara barang-barang besar lainnya,” bunyi laporan tersebut.

Kementerian Perdagangan bahkan telah memperkenalkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan penjualan mobil. Salah satunya, mendorong kota-kota untuk mengoptimalkan pembatasan konsumsi mobil dan sebaliknya memberi insentif untuk pembelian mobil pedesaan.

Ilustrasi, mobil listrik berharga murah di Cina yang ditujukan untuk pembeli pemula – dok.Chinadaily.com.cn

“Dengan pemulihan ekonomi yang stabil dan dampak positif yang ditimbulkan oleh kebijakan itu, maka industri otomotif akan mempertahankan momentum pertumbuhan yang stabil di masa depan,” bunyi pernyataan China Automobile Manufacturer Association (CAMA).

Data asosiasi itu memperlihatkan sepanjang bulan Februari kemarin, total produksi mobil di Cina mencapai 1,5 juta unit. Jumlah ini naik 418,9% dibanding jumlah yang dibukukan sepanjang Februari 2020.

“Pada bulan yang sama, ekspor mencapai 105.000 unit, meningkat 1,3 kali lipat dibanding bulan yang sama tahun lalu,” sebut CAMA.

Ilustrasi, pengunjung pameran mobil di Wuhan, Hubei, Cina – dok.Xinhuanet

Dampak positif lain dari kebijakan itu adalah dalam dua bulan pertama tahun ini – yaitu Januari dan Februari – total penjualan mobil yang dibukukan oleh seluruh merek mobil yang ada di Negeri Tirai Bambu itu mencapai 3,958 juta unit. Jumlah tersebut meroket hingga 76,2% dibanding dua bulan pertama tahun 2020, yang diliputi suasana darurat wabah virus corona.

Sementara, khusus di bulan Februari saja, penjualan kendaraan penumpang meningkat 410% year on year menjadi 1,16 juta unit. Pada bulan kedua itu, jumlah kendaraan energi baru (NEVs) – yang terdiri dari hybrid, plug-in hybrid, baterai listrik atau listrik murni, dan hydrogen – melonjak 584,7% menjadi 110.000 unit.

Mobil listrik Ora Good Cat buatan pabrikan lokal Cina, Great Wall Motor- dok.Istimewa via Carscoops

“Dalam beberapa tahun terakhir, Cina telah menerbitkan lebih dari 60 peraturan serta kebijakan yang mendukung pengembangan industri NEV, dan telah mencapai hasil maupun terobosan yang positif,” ujar Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi, Xiao Yaqing. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This