Dua Bulan Pertama, Begini Penjualan Wuling dan DFSK di Indonesia

Wuling Almaz, SUV medium besutan Wuling Motors versi kini yang dipasarkan di Indonesia – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Jakarta, Motoris – Penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih – baik ke diler (wholesales) maupun ke konsumen (ritel) – di Indonesia sepanjang Februari tahun ini tercatat ambles dibanding penjualan di Januari. Total wholesales hanya 49.202 unit. Alias ambles 7% yang masih sebanyak 52.909 unit, sedangkan penjualan ritel mencapai 46.943 unit atau anjlok 15% dari 53.996 unit di Januari.

Melorotnya penjualan uga dialami oleh dua merek asal Republik Rakyat Cina (Cina) yakni Wuling Motors Indonesia. Tetapi tak demikian dengan sekondannya – satu negara asal, dari Cina – Dongfeng Sokon (DFSK) yang mencatatkan kenaikan.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di bulan Januari tahun ini jumlah penjualan mobil ke diler (wholesales) yang dibukukan Wuling Indonesia tercatat sebanyak 808 unit. Sementara, penjualan ke konsumen (ritel) mencapai 1.010 unit.

Di bulan Februari, wholesales Wuling turun menjadi 534 unit, dan penjualan ritel menjadi 861 unit. Artinya, baik wholesales maupun ritel yang dibukukan oleh Wuling Indonesia di bulan kedua tahun ini melorot.

New Wuling Confero S – dok.Istimewa

Sedangkan DFSK di bulan Januari mencatatkan wholesales sebanyak 194 unit, dan penjualan ritel 225 unit. Pada bulan berikutnya, masing-masing penjualan – wholesales dan ritel – yang dibukukannya naik menjadi 292 unit dan naik 247 unit.

Total kumulatif dua bulan (Januari dan Februari) total wholesales yang dibukukan oleh mobil DFSK yang dijajakan oleh PT Sokonindo Automobile sebanyak 486 unit dan 472 unit. Adapun wholesales Wuling pada rentang waktu yang sama sebanyak 1.342 unit dan penjualan ritel 1.871 unit.

Fakta data juga menunjukkan, di tahun sebelumnya penjualan mereka juga merosot dibanding tahun 2019, seiring dengan merebaknya wabah virus corona (Covid-19). Penjualan ritel Wuling di tahun 2020 tercatat sebanyak 9.523 unit, anjlok dibanding tahun 2019 yang masih sebanyak 21.112 unit.

Ilustrasi, mobil penumpang DFSK salah satu diantaranya SUV Glory 560 – dok.Motoris

Adapun penjualan penjualan ritel DFSK di tahun 2020 tercatat sebanyak 2.424 unit, juga ambles dibanding tahun sebelukmnya yang sebanyak 3.260 unit. Fakta ini menunjukkan di dua bulan pertama tahun ini – DFSK yang sama-sama memulai menggarap pasar Indonesia di waktu yang sama yakni tahun 2017 – dalam penjualan masih jauh tertinggal Wuling.

Padahal, jika dilihat dari portofolio produk hampir sama jumlahnya. Wuling memasarkan MPV Wuling Confero, MPV Cortez, minibus Formo, dan SUV Almaz. DFSK memiliki varian model pikap Super Cab, SUV DFSK Glory 580, SUV DFSK Glory 580, dan minibus Gelora.(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This