Ini Cara VW Kejar Tesla di Pasar Mobil Listrik Dunia

Ilustrasi, Logo VW – dok.Motoring Research

Wolfsburg, Motoris – Hingga saat ini Tesla Inc masih tercatat sebagai pabrikan pembuat mobil listrik terbesar – dalam penjualan – di dunia. Namun, kini dia tak bisa berleha-leha, karena Volkswagen (VW) yang sejak beberapa waktu lalu memproklamirkan bakal fokus ke mobil listrik bersiap mengejarnya.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (16/3/2021), VW berencana membangun enam pabrik baterai di Eropa, yang beroperasi pada tahun 2030 nanti. Selain itu, pabrikan yang di tahun 2020 lalu dikalahkan Toyota dalam jumlah penjualan itu, juga memperluas infrastruktur pengisian daya baterai mobil listrik di wilayah global untuk mendukung peningkatan penjualan mobilnya.

“Transformasi kami akan berlangsung dengan cepat. E-mobility (mobilitas dengan kendaraan listrik) sudah menjadi core business kami,” ungkap Chief Executive VW, Hubert Diess.

Ilustrasi, Kanselir Jerman, Angela Markel saat memberi sambutan dalam peluncuran mobil listrik, Volkswagen ID.3 – dok.Reuters

Enam pabrik di Eropa itu, nantinya memiliki total kapasitas produksi 240 gigawatt hour (GWh) per tahun. Untuk tahap pertama, akan dibangun dua pabrik – yang berkongsi dengan Northvolt Swedia – dengan total produksi 40 GWh.

Di kongsi tersebut VW meningkatkan 20% saham kepemilikannya. Dia mengambil alih saham perusahaan itu, dengan mendirikan pabrik kedua di Salzgitter, Jerman.

Setelah itu, pada tahun 2026 Volkswagen direncanakan akan menambah satu pabrik yang lokasinya berada di Spanyol, Perancis atau Portugal. Kemudian pada tahun 2027 direncanakan satu lagi yang berada di di Polandia, Slovakia, atau Republik Ceko.

Dan dua pabrik lainnya akan dibangun tahun 2030. Namun lokasi untuk dua pabrik terakhir ini belum ditetapkan.
Sekadar informasi, hingga Januari tahun ini, penjualan mobil listrik terbanyak dibukukan oleh Tesla.

CEO VW Herbert Deiss – dok.Volkswagen AG

Namun di bulan Januari saja – seperti terlihat di hasil riset EV Sales – penjualan terbanyak dicatatkan oleh SGMW (Wuling) dengan total penjualan 38.896 unit.

Tesla yang bercokol di posisi kedua berhasil mengantongi angka penjualan sebanyak 33.063 unit. Sedangkan VW yang mengumpulkan penjualan sebanyak 13.725 unit, bertengger di urutan ketujuh. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This