Penjualan Mitsubishi pada Februari: di Filipina Nanjak 44%, di RI Ambles

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Cross yang dipasarkan di Filipina – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan Februari tahun ini Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) berhasil membukukan penjualan sebanyak 5.072 unit, atau menanjak 44% dibanding bulan sebelumnya atau bulan Januari. Mitsubishi Xpander tercatat menjadi mobil terlaris di jajaran merek itu.

Seperti dilaporkan laman Carmudi Filipina dan Yahoo News, belum lama ini, data yang dirilis MMPC menunjukkan, Mitsubishi Xpander di bulan kedua itu terlego 2.003 unit di Negeri Pisang tersebut. Jumlah itu meroket hingga 70% dibanding penjualan yang dibukukan selama Januari.

Sedangkan sedan kompak Mirage G4 – pada bulan yang sama – terjual 1.078 unit, melejit hingga 94% dibanding penjualan selama Januari pada tahun yang sama. “Penopang penjualan terbanyak ketiga adalah Mitsubishi L300 yang terjual sebanyak 947 unit,” bunyi pernyataan MMPC.

Sementara Mitsubishi Montero Sport di bulan kedua itu laku 607 unit dan Mitsubishi Strada terlego 426 unit ke konsumen, hatchback Mirage 9 unit. Adapun Mitsubishi Outlander PHEV terjual sebanyak 2 unit.

Mitsubishi Mirage versi terbaru – dok.Autoidustriya

“Pertumbuhan berkelanjutan yang kami alami menunjukkan pertanda baik tidak hanya untuk MMPC tetapi juga untuk industri. Kami sangat menghargai dukungan kuat pasar terhadap merek Mitsubishi Motors,” kata President & Chief Executive Officer MMPC, Mutsuhiro Oshikiri.

Mencorongnya kinerja penjualan Mitsubishi Motors di Filipina itu berkebalikan dengan apa yang dibukukan oleh Mitsubishi Motors di Indonesia. Data laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dihimpun Motoris menunjukkan, penjualan mobil berlambang tiga berlian itu ke konsumen (ritel) selama Februari sebanyak 5.842 unit.

Jumlah tersebut ambles dibanding penjualan ritel yang berhasil dibukukannya pada bulan Januari – di tahun yang sama – yang masih sebanyak 6.694 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport Rockfort Fosgate terbaru yang diluncurkan pada 12 Januari 2020 – dok.Istimewa

Seperti halnya di Filipina, di Indonesia penjualan terbanyak juga disumbangkan oleh Mitsubishi Xpander. Keterangan resmi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang dirilis di Jakarta, Rabu (17/03/2021) menyatakan dari total penjualan (ritel) 5.842 unit yang berhasil dikantonginya, 3.289 unit merupakan kendaraan penumpang. Di segmen kendaraan penumpang itu, 41,3% dibukukan Mitsubishi Xpander termasuk Xpander Cross.

“Pada bulan Februari tren menahan pembelian oleh konsumen terjadi karena menunggu pelaksanaan kebijakan relaksasi insentif PPnBM, namun MMKSI berhasil menjaga angka penjualan dan pangsa pasar dengan baik,” kata Presiden Direktur MMKS, Naoya Nakamura.

Faktanya di data laporan penjualan ritel ke Gaikindo menunjukkan Mitsubishi Motors berada di urutan keempat setelah Toyota, Daihatsu, dan Honda. Begitu pun dalam penjualan ke diler (wholesales). Posisi itu tak berubah sejak Januari.

Namun, khusus penjualan Mitsubishi Xpander ternyata di bulan Februari melorot. Jika di Januari masih sebanyak 1.961 unit, pada bulan Februari menjadi 1.306 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Black Edition – dok.MMKSI

Tak hanya dalam penjualan ritel kinerja Mitsubishi Motors Indonesia merosot, dalam wholesales pun setali tiga uang. Tercatat pada Januari 2019 masih sebanyak 16.383 unit, tetapi di Januari 2020, merosot menjadi 12.295 unit.

Bahkan di Januari 2021 merosot lebih dalam lagi menjadi 6.765 unit, dan di Februari tahun yang sama 4.887 unit.(Fan/Don/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This