Penjualan Mobil Grup Astra di Februari Menciut 1,22%

Ilustrasi, Daihatsu Xenia model terbaru – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Total penjualan (dari pabrik ke diler atau wholesales) kendaraan roda empat atau lebih (mobil) yang dijajakan oleh merek di bawah payung Grup Astra – Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot – sepanjang Februari tahun ini tercatat sebanyak 26.502 unit. Jumlah ini menciut 1,22% dibanding bulan sebelumnya, atau Januari.

Data yang dihimpun Motoris dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, belum lama ini, menunjukkan di bulan Januari Grup Astra masih membukukan penjualan sebanyak 26.830 unit. Namun, jika dibanding dengan penjualan selama Februari tahun 2020, penjualan di bulan kedua tahun ini ambles 38,5%.

Angka penjualan selama Februari itu, kata Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk (ASII), Boy Kelana Soebroto, belum termasuk angka penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Jumlah penjualan mobil kategori ini disebutnya, pada bulan Februari naik dibanding Januari.

Toyota New Agya 1.2 TRD A/T – dok.Motoris

“Khusus segmen mobil ini (LCGC) penjualan meningkat menjadi 8.107 unit dibanding periode Januari 2021 yang sebanyak 7.179 unit,” kata dia.

Pada bulan Februari itu, Astra berhasil menjual mobil merek Toyota sebanyak 15.238 unit, Daihatsu 9.412 unit, Isuzu 1.833 unit, dan Peugeot sebanyak 19 unit. Namun, di segmen pasar LCGC pangsa pasar yang diraup Grup Astra juga menyusut menjadi 68% dari bulan Januari yang masih sebesar 74%. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This