Pasar Masih Ambles, Penjualan Ritel Nissan hingga Februari Justeru Nanjak

Low MPV All New Nissan Livina yang dijual Nissan di Indonesia,- dok. NMI


Jakarta, Motoris
– Sepanjang dua bulan pertama tahun ini atau di rentang Januari hingga Februari, pasar mobil di Indonesia masih berada di tren penurunan. Hal ini terlihat dari penjualanke konsumen (ritel) yang terus merosot dari bulan ke bulan sejak Desember 2020.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan, penjualan ritel kendaraan bermotor roda empat atau lebih (mobil) di bulan Januari hanya sebanyak 53.997 unit. Jumlah ini ambles 28% dibanding penjualan ritel sepanjang bulan Desember 2020, yang sebanyak 69.139 unit.

Penjualan ritel kembali ambles di bulan Februari – malah lebih dalam dibanding Desember – karena hanya sebanyak 46.943 unit atau ambles 15% dibanding penjualan selama bulan Januari. Kesenjangan semakin menganga jika dibanding dengan penjualan ritel di sepanjang dua bulan pertama tahun 2020.

Pasalnya – seperti terlihat di data yang dirilis Gaikindo – sepanjang Januari tahun 2020 lalu penjualan ritel mobil di Tanah Air mencapai 81.013 unit. Jumlah penjualan mendaki tinggi pada bulan Februari, sehingga mencapai 158.898 unit.

Ilustrasi, Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di Indonesia, 2 September 2020 – dok.Istimewa

Artinya, pasar mobil di Tanah Air sepanjang dua bulan pertama tahun 2021 ini benar-benar masih berada di tren ambles. Namun, di tengah kondisi seperti ini, penjualan mobil merek Nissan masih membukukan kinerja yang mengesankan.

Total penjualan ritel mobil Nissan di Januari – Februari itu sebanyak 2.182 unit. Jumlah itu dibukukan selama bulan Januari sebanyak 1.197 unit, dan selama bulan Februari sebanyak 985 unit.

Angka penjualan ritel yang dikantongi selama dua bulan pertama tersebut jauh lebih banyak dibanding jumlah yang dikoleksi di sepanjang periode sama tahun 2020, yang sebanyak 1.317 unit. Jumlah itu berasal dari penjualan ritel selama bulan Januari sebanyak 648 unit, dan Februari 669 unit.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gaikindo menunjukkan, Low MPV All New Nissan Livina menjadi lokomotif penjualan dengan kinerja yang mencorong. Jika di dua bulan pertama tahun 2020 masih terjual (ritel) sebanyak 1.085 unit (berasal dari penjualan Januari sebanyak 537 unit dan Februari 548 unit), di Januari hingga Februari tahun ini telah mencapai 2.064 unit (Januari 1.135 unit dan Februari 929 unit).

Nissan Livina Sporty Package – dok.PT Nissan Motor Indonesia

Fakta data juga berbicara, dengan penjualan ritel yang berhasil dikantonginya di sepanjang dua bulan perdana di tahun tersebut, All New Nissan Livina bertengger di urutan ketiga terlaris di daftar penjualan Low MPV Tanah Air. Dia berada di belakang Toyota yang meraup angka penjualan ritel sebanyak 4.332 unit, dan Mitsubishi Xpander yang terjual sebanyak 3.267 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This