Fuso Waspadalah, Toyota dan Hino Gandeng Isuzu Bikin Truk Canggih Baru

Ilustrasi, logo Toyota – dok.Reuters


Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Isuzu Motors Ltd (Isuzu), Rabu (24/3/2021) mengumumkan aliansi baru, setelah pada tahun 2018 lalu kongsi mereka yang terjalin sejak tahun 2006 (yang fokus ke pengembangan mesin diesel) diakhiri. Aliansi anyar – dengan suntikan modal baru – ini dimaksudkan untuk meningkatkan keunggulan daya saing kendaraan komersial kedua pihak, khususnya kendaraan komersial dengan teknologi terkoneksi.

Pernyataan resmi Toyota yang dilansir laman resmi perusahaan, Reuters, dan The Green Journal, Rabu (24/3/2021) menyebut, dalam jalinan aliansi dengan Isuzu tersebut Toyota akan melibatkan pabrikan kendaraan komersial yang perusahaan yang berafiliasi dalam payung grupnya, yakni Hino Motors Ltd (Hino).

“Keterlibatan Hino ini dimaksudkan untuk bersama-sama mengembangkan truk komersial masa depan, termasuk truk dengan teknologi terkoneksi dan truk berteknologi bahan bakar sel (hidrogen),” bunyi pernyataan tersebut.

Dalam kongsi ini, ketiga perusahaan – yakni Toyota, Hino, dan Isuzu – akan mendirikan perusahaan anyar. Toyota menggenggam 80% saham, sedangkan dua pabrikan lainnya masing-masing 10%.

Ilustrasi, Truk-medium-Isuzu-Isuzu-FVM34-Q-dok.Astra-Isuzu

Sebagai gantinya, Toyota akan mengakuisisi 39 juta saham treasury di Isuzu dengan nilai 42,8 miliar yen. Jumlah saham tersebut setara dengan 4,6% total jumlah saham Isuzu Motor.

Aliansi ini menarik untuk dicermati, karena dilakukan di tengah maraknya persaingan pengembangan teknologi mobil saling terkoneksi (terhubung), teknologi otonom (melaju tanpa keterlibatan pengemudi), dan bersumber tenaga dari listrik. Pengembangan tersebut dilakukan oleh hampir semua pabrikan mobil, bahkan oleh perusahaan-perusahaan di luar otomotif yang kini mulai masuk ke ranah pasar kendaraan listrik.

Hal itu diakui oleh Presiden Toyota Motor Akio Toyoda. Dia mengatakan salah satu dorongan untuk merajut kembali aliansi dengan Isuzu adalah perkembangan kendaraan listrik di dunia yang kian marak.

Truk berat berbahan bakar hidrogen hasil kolaborasi Toyota dengan Hino Motors – dok.Globa.Toyota

“Kami telah mencoba untuk bersama-sama mengembangkan mesin diesel kecil bersama-sama (sejak tahun 2006 hingga tahun 2018) tetapi kami tidak banyak mengidentifikasi proyek yang spesifik, dan akhirnya kami memutuskan untuk berpisah, dan berjalan untuk menemukan cara kami sendiri-sendiri. Tapi kemudian kendaraan listrik menjadi titik temu baru bagi kami lagi, di mana penelitian dan pengembangan bersama dapat dilakukan,” papar Toyoda. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This