Terobosan Anyar Toyota: Mobil Klinik Hidrogen dan Angkutan Khusus Vaksin

Mobil klinik keliling bertenaga listrik dengan bahan bakar hidrogen buatan Toyota – dok.Toyota


Tokyo, Motoris
– Toyota Motor Corporation (Toyota) terus melakukan inovasi untuk menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan tuntan kondisi dan zaman. Pabrikan mobil terbesar di Jepang ini mengembangkan sebuah ambulans ramah lingkungan – yakni kendaraan listrik dengan bahan bakar hidrogen – dan mobil angkutan vaksin (Covid-19) yang dilengkapi lemari es khusus.

Dalam pernyataan resmi pabrikan yang dilansir laman Global.Toyota, belum lama ini, keduanya diklaim sebagai kendaraan klinik mobile pendukung kegiatan medis dengan kualifikasi khusus pertama di dunia. Ambulans listrik hidrogen (FCEV) – yang didemonstrasikan bersama Rumah Sakit Palang Merah Jepang di Kumamoto – sebagai kendaraan klinik FCEV mobile pertama di dunia.

Mobil klinik keliling FCEV itu menggunakan basis minibus Toyota Coaster dengan sumber tenaga yang sama dengan yang digunakan oleh Toyota Mirai. “Di jalan, mobil ini menunjukkan kinerja lingkungan yang unggul tanpa emisi CO2 atau zat SoC. Sekaligus menawarkan pengalaman berkendara dengan kebisingan rendah dan getaran rendah,” bunyi klaim Toyota.

Interior mobil klinik keliling listrik hidrogen (FCEV) berbasis Toyota Coaster-dok.Istimewa

Sejumlah outlet listrik aksesori 100 VAC di dalam maupun di luar kabin, memungkinkan kendaraan ini dapat memasok listrik ke berbagai peralatan elektronik yang digunakan selama kegiatan medis maupun non medis. “Unit ini juga dilengkapi dengan sistem catu daya listrik DC eksternal yang memberikan suplai daya dengan output tinggi dan berkapasitas besar (output maks 9 kW, kapasitas suplai sekitar 90 kWh,” sebut Toyota.

Sementara di kabin, mobil ini memadukan AC dengan sistem pembuangan dan filter HEPA. Ini bertujuan untuk meningkatkan pengendalian infeksi bagi penumpang saat bekerja.

Sedangkan kendaraan khusus pengangkut vaksin yang dilengkapi lemari es khusus, dikembangkan dengan standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pengembang kendaraan tersebut adalah Toyota Tsusho Group CFAO SAS.

Mobil angkutan khusus vaksin berbasis Toyota Land Cruiser 78 – dok.Toyota

Perusahaan itu yang merupakan bagian dari Toyota Group, itu dikenal sebagai perusahaan customizing dan pengembang kendaraan khusus. Dia melakukan konversi Toyota Land Cruiser 78, dan melengkapinya dengan lemari es vaksin CF850 B Medical Systems.

Keterangan resmi Toyota menyebut, lemari es khusus (kulkas) di mobil itu memiliki kapasitas penyimpanan 396 liter, atau 400 paket vaksin. Dengan baterai independennya, lemari es dapat dioperasikan selama kurang lebih 16 jam tanpa catu daya.

“Kulkas dapat diisi daya oleh kendaraan dari sumber daya eksternal saat diparkir,” bunyi penjelasan Toyota.
Mobil klinik Toyota itu mulai dioperasikan pada musim panas tahun ini. Toyota telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Palang Merah Jepang di Kumamoto sejak sekitar musim panastahun 2020.

Bagian-dalam-mobil-khusus-angkutan-khusus-vaksin-berbasis-Toyota Land Cruiser 78 yang dilengkapi lemari es khusus-dok.Toyota

Adapun kendaraan angkutan vaksin dioperasikan di luar Jepang, termasuk di Afrika. Toyota Tsusho mengembangkannya melalui bisnis di Afrika dalam rangka menyediakan kendaraan khusus angkutan vaksin dan perusahaan ini telah memperoleh prakualifikasi PQS. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This