Penjualan Mobil Mewah Hongqi Kian Menjadi di Tahun Ini

SUV Hongqi E-HS9 yang mirip dengan Rolls-Royce Cullinan – dok.Driven


Changcun, Motoris – Merek mewah milik FAW Group Company Ltd – Hongqi – membukukan penjualan mobil yang kian menjadi di tahun ini. Sepanjang kuartal pertama atau dari Januari hingga Maret tahun ini penjualannya naik 180% dibanding periode yang sama tahun 2020 lalu.

Seperti dilaporkan Xinhua, belum lama ini, total jumlah penjualan Hongqi di tiga bulan pertama itu 170.000 unit. Menariknya, merek mewah lokal Republik Rakyat Cina (Cina) itu kini tak hanya menggenjot penjualan mobil bermesin konvensional, tetapi juga yang berteknologi elektrifikasi (atau di negeri itu dinamai kendaraan berenergi terbarukan).

“Produksi dan pemasaran kendaraan energi baru akan diprioritaskan tahun ini,. Tahun ini target penjualan sebanyak 400.000 unit,” ujar sumber dari grup tersebut kepada Xinhua.

Chairman FAW Group, Xu Liuping, sebelumnya menyatakan pihaknya tahun ini dari 21 mobil baru yang akan diluncurkan di tahun 2021 ini, 18 di antaranya merupakan mobil bernergi baru. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang terus mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan, dalam rangka menuju neutral carbon.

Konsep Hongqi S9 yang dipamerkan di hajatan Fraknfurt Motor Show 2019 lalu – dok.Xinhua

Sepanjang tahun 2020 lalu, Hongqi berhasil melego 200.000 unit lebih mobil. Kinerja ini tumbuh positif, meski pasar mobil Negeri Tirai Bambu itu di awal tahun tersebut sempat lunglai setelah tersengat wabah virus corona.

Hongqi merupakan merek mewah yang dibentuk oleh FAW Group pada tahun 1958 atau lima tahun setelah perusahaan yang bermarkas di Changcun, Jilin, Cina itu berdiri. Pada awalnya, mobil-mobil Hogqi – yang dibuat agar setara dengan Rolls-Royce – merupakan mobil yang dibuat khusus untuk parade perayaan hari-hari besar di Cina. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This