Perluas Ekspor ke Berbagai Negara, Suzuki Operasikan Pabrik Baru di India

Ilustrasi, mobil Suzuki-dok.Istimewa-via-The Telegraph Online


Gujarat, Motoris – Suzuki Motor Corporation (Suzuki) di India mulai mengoperasikan baru – yang disebut sebagai pabrik C – di Ahmedabad – Gujarat. Pabrik yang memiliki kapasitas produksi hingga 250.000 unit saban tahun itu dioperasikan oleh Suzuki Motor Gujarat Private Ltd.

Seperti dilaporkan Telegraph India, Jumat (9/4/2021), perusahaan itu merupakan perusahaan yang 100% sahamnya dimiliki oleh Suzuki Motor. “Pabrik baru di negara bagian Gujarat, India barat, ini sebagai bagian dari upaya untuk memenuhi permintaan mobil yang meningkat di di sejumlah negara, dan untuk memperluas ekspor dari sana,” bunyi pernyataan Suzuki.

Selama ini pabrikan berlambang huruf “S” itu telah memiliki dua pabrik A dan pabrik B, yang masing-masing mulai beroperasi pada Februari 2017 dan Januari 2019. Dengan demikian, total kapasitas produksi Suzuki di Gujarat dengan tiga pabriknya itu, mencapai 750.000 unit.

Ilustrasi, diler mobil Suzuki di India-dok.News-Unique

India merupakan salah satu negara yang menjadi basis produksi Suzuki. Berbagai model mobil yang dibuat di pabrik itu diekspor ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Di antara model itu adalah hatchback Suzuki Baleno, citycar Suzuki Ignis, Suzuki Jimny, dan lain-lain. India juga tercatat sebagai pasar terbesar mobil Suzuki di dunia. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This