Keren, Harley-Davidson Patenkan Teknologi Pengereman Darurat Otomatis

Ilustrasi, Harley-Davidson Softail Standard – dok. via Web Bike World


Milwaukee, Motoris – Harley-Davidson memberi sinyal akan membekali model-model terbaru buatannya dengan fitur anyar berteknologi otomatis. Sinyal ini terlihat dari dipatenkannya sistem pengereman darurat otomatis pada Januari tahun ini.

Seperti dilaporkan laman OmniMoto dan Visordown, belum lama ini, sebuah dokumen yang berisi tentang pengajuan hak paten dari berbagai merek – termasuk Harley Davidson, memperlihatkan pengajuan hak paten oleh Harley-Davidson untuk produk sistem pengereman tersebut. Secara umum terlihat sistem kerja perangkat pengereman darurat otomatis ini memiliki kemiripan dengan cruise control adaptif.

“Sistem ini merupakan sarana penghindaran tabrakan, dan hanya untuk digunakan dalam keadaan darurat,” tulis OmniMoto mengutip keterangan di dokumen hak paten itu.

Gambar hak paten sistem pengereman darurat otomatis Harley-Davidson – dok.Istimewa

Sistem ini memadukan berbagai alat pengukur lalu lintas dengan perangkat deteksi pengendara.Sehingga, sistem tersebut akan memberi peringatan kepada pengendara manakala ditemukan potensi trabkaran dan sekaligus melakukan intervensi – atau sistem akan melakukan pengereman – ketika pengendara motor tak sempat melakukan pengereman.

Sementara, jika pengendara masih sempat melakukan pengereman namun intensitas pengereman kurang kuat sehingga potensi tabrakan akan terjadi, maka sistem akan membantunya sehingga pengereman yang dilakukan lebih kuat. Walhasil, tabrakan pun bisa terhindarkan.

Teknologi pengereman darurat itu menggunakan serangkaian kamera di bagian dasbor yang mengarah ke belakang atau ke pengendara, sensor di grip setang dan jok. Selain itu juga ada kamera yang dipasang di helm, yang berfungsi memantau mata pengendara untuk mengetahui kesadaran dan respon terhadap situasi dan kondisi darurat yang tengah terjadi.

Kamera dan sensor sistem pengeeeman darurat otomatis Harley-Davidson-dok.Istimewa

Hanya, hingga kini belum ada informasi kapan teknologi ini mulai diproduksi dan model apa saja yang bakal mendapatkannya. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This