Dipicu Masalah Ini Mitsubishi Pangkas Produksi di Jepang dan Thailand

Ilustrasi produksi mobil Mitsubishi Motors – dok.Bloomberg via The Japan Times


Tokyo, Motoris – Menyusul sejumlah pabrikan lain – baik berasal dari Jepang, Eropa, maupun Amerika Serikat – yangmemangkas jumlah produksi mobil setelah terjadi paceklik pasokan chip atau semikonduktor, kini Mitsubishi Motors melakukan hal yang sama. Pabrikan akan memangkas jumlah produksi hingga 7.500 unit selama bulan April ini.

Seperti dilaporkan Kyodo News dan Bangkok Post, Senin (12/4/2021) dalam pernyataan resminya, pabrikan yang merupakan bagian dari aliansi dengan Renualt-Nissan ini menyatakan pengurangan jumlah produksi sebanyak itu dilakukan di Jepang dan Thailand. Di Jepang, pemangkasan produksi dilakukan di dua pabrik yakni yang berada di prefektur Aichi dan Okayama, serta di satu yang berada di Thailand.

“Pemangkasan jumlah produksi itu dilakukan karena kondisi kesulitan pasokan, sehingga dalam per;lu dilakukan pengamanan stok chip komputer,” ujar salah seorang pejabat Mitsubishi Motors.

Ilustrasi, Mitsubishi Motors – dok.Reuters

Menurut dia, kelanjutan dari keputusan pemangkasan jumlah produksi ini – apakah dilanjutkan atau diakhiri – akan diputuskan pada Mei nanti. Pertimbangan utamanya, akan melihat kondisi pasokan dan stok chip atau semikonduktor yang ada.

Seperti diketahui, saat ini industri otomatif dunia diliputi rasa khawatir yang semakin menjadi setelah pabrik pembuat semikonduktor Renesas Electronics Corportaion di Jepang Timur terbakar. Bencana ini semakin menambahnya kusutnya pasokan komponen utama untuk sejumlah fitur dan komponen utama mobil, yang sejak awal tahun sudah tersendat.

Chip itu langka di dunia karena banyaknya permintaan. Seperti dilaporkan Nikkei Asian Review, belum lama ini, paceklik terjadi karena permintaan dari pabrikan pembuat smartphone dan stasiun basis transmisi komunikasi yang melonjak sejak pandemi Covid-19 terjadi dan masyarakat dunia banyak yang melakukan pekerjaan dari rumah (WFH).

Ilustrasi, produksi mobil Mitsubishi di Thailand – dok.The Japan Times

Sementara, akibat kebakaran pabrik Renesas tersebut Mitsubishi Motors di Jepang pada Maret lalu juga telah mengurangi produksi hingga 4.000 unit. Maklum, pembuat chip itu merupakan pemasok chip ke pabrikan berlambang tiga berlian ini.

Sekadar catatan, sepanjang tahun 2020 lalu, Mitsubishi Motors memproduksi sekitar 854.000 unit kendaraan secara global. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This