Tokyo Motor Show 2021 Batal Digelar

Perhelatan Tokyo Motor Show 2019-dok.Nikkei


Tokyo, Motoris – Penyelenggara pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) yakni Asosiasi Produsen Mobil Jepang (JAMA) menyatakan hajatan dua tahunan itu, pada tahun ini ditiadakan. Alasannya demi menghindari potensi penularan virus corona (Pandemi Covid-19) yang hingga kini masih marak di Jepang.

Seperti dilaporkan Nikkei dan Japan News, Kamis (22/4/2021) pernyataan tersebut disampaikan langsung Ketua JAMA, Akio Toyoda kepada media di Tokyo, Jepang. Perngumuman ini menyusul melonjaknya kasus infeksi Covid-19 di Tokyo, Osaka, dan beberapa kota besar lainnya di Jepang.

Bahkan, beberapa hari sebelum pemerintah Jepang mengumumkan keadaan darurat ketiga untuk menahan penyebaran virus. Meski, sejatinya ada pilihan untuk menggelar pameran otomotif dua tahunan itu secara online, namun JAMA memilih tak menggelarnya dengan cara seperti itu.

Tokyo Motor Show 2019 -dok.Japan Guide

“Asosiasi (JAMA) memilih untuk membatalkan pameran tersebut daripada mengadakannya secara online. Kami ingin tetap berpegang pada peristiwa (pameran) yang nyata (offline),” kata Toyoda yang juga menjabat President Toyota Motor Corporation itu.

Namun, JAMA juga tak ingin berspekulasi dengan melangsungkan pameran itu secara offline. Terlebih, TMS merupakan pameran akbar otomotif yang banyak menarik minat orang dari berbagai penjuru dunia untuk datang.

Saat digelar tahun 2019 lalu, pameran itu diikuti 192 perusahaan. Jumlah pengunjungnya tercatat mencapai 1,3 juta orang dan memecahkan rekor jumlah pengunjung terbanyak dalam 12 tahun atau selama enam kali perhelatan itu digelar. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This