Honda Siapkan Motor Listrik Baru, Baterai Bisa Ditukar

Ilustrasi motor listrik Honda-dok.Istimewa via Dierso.com


Tokyo, Motoris
– Honda Motor Company (Honda) mendeklarasikan diri sudah tidak akan menjual kendaraan bermesin konvensional pada tahun 2040 nanti sudah tidak menjual lagi kendaraan bermesin konvensional. Terkait dengan target itu, penyiapan kendaraan listrik pun dilakukan, termasuk di lini produk kendaraan roda dua alias sepeda motor.

Seperti dilaporkan laman Electrek dan Japan News, Senin (26/4/2021), pernyataan itu diungkap oleh Chief Executive Officer Honda Toshihiro Mibe dalam konferensi pers pertamanya sejak ditunjuk sebagai bos besar Honda, di Tokyo, Jumat (23/4/2021) lalu. Mibe yang juga mantan Chief R & D Honda Motor itu selain membeberkan strategi di pengembangan mobil listrik untuk menuju target penjualan tanpa mobil konvensional juga menyebut pengembangan sepeda motor.

Laman Visordown dan Cycle World mengutip pernyataannya yang menyebut Honda akan menghadirkan tiga motor listrik. Motor ini akan menyasar segmen perkotaan dan digelontorkan pada tahun 2024 nanti. Selain dalam rupa skuter listrik, juga dalam wujud motor sport listrik.

Gambar desain motor listrik Honda yang dipatenkan – dok.Istimewa

Jika dikonversi ke motor konvensional, motor-motor listrik yang bakal digelontorkan ke pasar itu berkategori 125 cc. Dan yang sangat menarik adalah, Honda akan menggunakan sistem swappable baterry, alias baterai kosong bisa ditukar dengan yang terisi penuh.

Bahkan, dengan baterai dari motor listrik buatan pabrikan lain. Pasalnya, beberapa waktu lalu Honda bersama Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki telah meneken nota kesepahaman untuk men-standarkan baterai bagi motor listrik buatan mereka untuk saling dapat digunakan atau ditukar.

Dengan cara ini, maka pengguna motor tak akan khawatir untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Pasalnya, mereka tak akan ribet untuk mengecas baterai yang telah kehabisan daya karena pengecasan membutuhkan waktu, tetapi cukup dengan menukar baterai di tempat penukaran. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This