Kuartal I Tahun Ini Toyota Masih Ungguli Volkswagen, Terlaris di Dunia

ILustrasi, Toyota RAV4 hybrid – dok.Guide Auto


Roma, Motoris
– Sepanjang Januari hingga Maret atau kuartal I tahun ini, industri otomotif – khususnya kendaraan penumpang – masih merasakan pukulan yang luar biasa akibat pandemi Covid-19 dan langkanya pasokan chip atau semi konduktor. Terlebih, tak sedikit di antara mereka yang harus dilampui oleh pesaing yang sebelumnya berada di belakang mereka.

Meski begitu, dua merek apapan atas – yang di tahun-tahun sebelumnya telah beradu cepat saling mengungguli sebagai pabrikan terbesar dunia – yakni Toyota dan Volksawagen masih ketat bersaing. Meski, seperti dilaporkan laman Focus2Move, belum lama ini, hingga akhir tiga bulan pertama itu, Toyota masih mengungguli Volkswagen dalam penjualan.

Pabrikan asal Jepang ini berhasil mengantongi angka penjualan sebanyak 2,3 juta, atau meningkat 7,9% dibanding penjualan yang berhasil dikoleksi pada periode sama tahun 2020. Dengan penjualan sebanyak itu pabrikan yang dinahkodai Akio Toyoda ini berhasil merebut 12,6% pangsa pasar dunia.

Ilustrasi, proses produksi VW Passat – dok.Automotivenews.com

Grup Volkswagen berada di peringkat kedua dengan total penjualan sebanyak 2 juta unit atau tumbuh 6,9% dibanding penjualan yang berhasil dicatatkannya selama Januari – Maret 2020. Pabrikan asal Jerman itu mencomot pangsa pasar 11,4%.

Sementara, aliansi Renault Nissan Alliance di triwulan pertama itu berhasil melego mobil sebanyak 1,82 juta unit atau naik 10% dibanding penjualan di kurun waktu yang sama tahun 2020. Dia bercokol di posisi ketiga.

Stellantis – yang merupakan perusahaan hasil merger Fiat-Chrysler Automobile dengan PSA Peugeot – bertengger di urutan keempat dengan penjualan sebanyak 1,8 juta. Jumlah ini naik 9,8% dibanding kaurtaln I 2020.
Hyundai-Kia nangkring di urutan kelima dengan penjualan 1,7 juta unit. General Motors di posisi keenam setelah menjual 1,5 juta unit.

Mobil listrik Renault Zoe versi terbaru yang dipasarkan di Jerman- dok.Istimewa via VistaBuzz

Urutan ketujuh didiami Grup Ford yang mencatatkan penjualan 1 juta unit atau melorot 0,4%. Dia diikuti oleh Honda Motor yang menempati tempat kedelapan setelah melego 905.000 unit.

Mercedes-Benz, berada di posisi kesembilan setelah menjual 620.000 unit atau tumbuh 13,8%. Dan posisi paling bontot didiami Bayerische Motoren Werke (BMW) yang menjual mobil sebanyak 587.000 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This