AISI Prediksi hingga Akhir Tahun Penjualan Motor Capai 4,3 Juta Unit

Ilustrasi, All New Honda CB150R varian warna merah-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang April disebut kembali membukukan kenaikan setelah pada Maret melonjak dibanding bulan sebelumnya, yakni dari 377.776 unit menjadi 521.424 unit. Sehingga total penjualan sepanjang kuartal pertama – atau dari Januari hingga Maret – penjualan telah mencapai .293.933 unit.

Melihat pencapaian penjualan sepanjang triwulan pertama plus April, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman, memperkirakan penjualan hingga akhir tahun ini mencapai 4,3 juta unit, seperti yang diproyeksikan asosisi. Terlebih kondisi ekonomi maupun sosial dinilai juga mendukung pencapaian target tersebut.

“Memang sebulan ini ada kondisi terjadi kenaikan karena menjelang lebaran atau hari raya Idul fitri. Kalau melihat kondisi ekonomi, harga komoditi, pergerakan masyarakat, AISI menetapkan angka (target penjualan) antara 4 juta sampai 4,3 juta. Saya kira dengan pencapaian kuartal pertama ini, kita bisa katakan akan (mencapai) sekitar 4,3 juta (unit),” tutur pria yang juga menjabat Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor itu, di konferensi pers peluncuran All New Honda CB150R secara virtual di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Ilustrasi, proses produksi sepeda motor Honda di Indonesia – dok.AHM

Target penjualan sebanyak itu (untuk tahun 2021 ini) naik 17% dibanding jumlah penjualan yang terealisasi sepanjang tahun 2020 lalu. Seperti diketahui di tahun tersebut, total penjualan kendaraan bermotor roda dua itu hanya 3,66 juta unit.

Penjualan sepanjang tahun 2020 itu anjlok sangat dalam dibanding penjualan selama tahun 2019 yang mencapai 6.487.460 unit. Jumlah yang dibukukan pada tahun 2019 naik dari tahun sebelumnya yang sebanyak 6.383.108 unit.

Ihwal larangan mudik, Loman menyebut tidak banyak berpengaruh besar terhadap kinerja penjualan. Terbukti dengan kinerja penjualan sepeda motor menjelang lebaran tahun 2021 ini.

Ilustrasi, Honda New Vario 125 berwarna Advance Black – dok.AHM

Terlebih, pada lebaran tahun 2020 pun – ketika pemerintah juga melarang mudik masyarakat – Honda Indonesia juga menyarankan agar tidak mudik menggunakan sepeda motor. Bahkan di tahun 2019, ketika masyarakat melakukan mudik, Astra Honda Motor juga membantu masyarakat seiring dengan imbauan agar tak mudik menggunakan sepeda motor. (Dis/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This