Pandemi Corona Menggila, Yamaha Istirahat Produksi di India

Ilustrasi sepeda motor Yamaha di India-dok.Istimewa via Deccan Herald


Mumbai, Motoris
– Produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha Motor, Senin (10/5/2021) menyatakan akan menghentikan senentara produksinya di India mulai 15 Mei hingga 31 Mei nanti menyusulnya memburuknya kondisi di negara itu akibat mengganasnya pandemi Covid-19. Terlebih, diler-diler Yamaha juga beristirahat operasi akibat kondisi ini.

Seperti dilaporkan Reuters dan Nikkei, Selasa (11/5/2021), sebelumnya pabrikan berlambang garputala tersebut telah menurunkan skala produksi. Yamaha mengurangi jumlah jam kerja demi melakukan pencegahan penularan virus.

“Langkah (Yamaha) menyusul keputusan Suzuki untuk menutup sementara pabrik otomotifnya di India sejak awal bulan. Awalnya, (pabrik) dijadwalkan untuk memulai kembali pada hari Senin (10/5/2021), tetapi perusahaan memilih untuk memperpanjang penangguhan hingga minggu depan,” tulis Reuters.

Ilustrasi, sepeda motor Yamaha-dok.UK Economy News

Suzuki – yang merupakan pabrikan otomotif asing terbesar di India – mengatakan akan memprioritaskan oksigen yang biasanya digunakan untuk produksi ke sektor kesehatan guna mengatasi kekurangan oksigen di bidang medis. Hal itu memenuhi himbauan pemerintah India, agar sektor industri memberikanj oksigen ke penggunaan medis demi alasan kemanusiaan.

Hero MotoCorp, produsen sepeda motor kolabrorasi antara perusahaan lokal dengan Honda Motoir juga telah memutuskan untuk memperpanjang penghentian pabriknya. Meski sebelumnya pemerintah memberikan pengecualian kepada produsen untuk melanjutkan operasi, dan beberapa perusahaan telah mempertahankan produksi di tengah epidemi. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This